Jumat, 22 Jul 2011 15:19 WIB

Wah, Apple Store Dipalsukan

- detikInet
Jakarta - Apple layak berang. Pasalnya, beberapa toko palsu yang mengatasnamakan Apple store bermunculan di China dan dibesut hampir 100% menyerupai toko aslinya. Seorang blogger lah yang membawa temuan ini ke dunia maya.

Dalam blog bernama BirdAboard, terkuak fakta bahwa ada 3 toko abal-abal Apple yang berdiri di Negeri Tirai Bambu itu. Padahal, toko resmi Apple sendiri hanya ada empat, yakni dua di Beijing dan dua di Shanghai. Menengok pada sisi bangunan, toko ini memiliki desain yang sangat mirip dengan Apple store. Meja kayu panjang, panel informasi produk dalam akrilik dan tangga spiral menuju lantai 2.

Dari tampilan pegawainya pun diketahui toko palsu ini 'serius' dalam menjiplak Apple. Dibalut t-shirt biru dengan logo Mac dan name tag Apple berwarna putih, mereka seolah-olah adalah pegawai Apple betulan. Dari toko ini, hanya satu hal yang membedakannya dengan toko resmi Apple, yakni tulisan 'Apple Store' di dekat logo apel putih khas Apple. Apple sendiri tak pernah mencantumkan tulisan tersebut di luar tokonya.

Untuk urusan menjadi reseller resmi, Apple sebenarnya membolehkan toko lain untuk menjadi bagian dari mereka melalui proses aplikasi, namun toko yang berada di Kunming ini tidak melalui proses tersebut. Sumber dari barang-barang yang dijual di toko ini juga belum jelas apakah mereka mendapatkannya dari distributor atau dari pasar gelap.

Dilansir detikINET dari BBC, Jumat (22/7/2011), tak hanya menemukan toko palsu Apple di Kunming saja, si pemilik blog juga melaporkan adanya toko palsu lain di kawasan yang sama. Untuk meyakinkan toko-toko tersebut palsu, pemilik blog yang telah mendapat kunjungan sebanyak lebih dari 500.000 dalam kurun waktu 48 jam ini juga melakukan pengecekan di situs Apple. Di situs resmi Apple, tidak ada informasi mengenai 3 toko palsu itu di list lokasi sehingga makin menguatkan bahwa toko tersebut bukan toko resmi. Apple sendiri akhirnya mengakui bahwa toko tersebut palsu.




(fyk/fyk)