Trafik Kunjungan Google Mencapai 1 Miliar Sebulan

Trafik Kunjungan Google Mencapai 1 Miliar Sebulan

- detikInet
Kamis, 23 Jun 2011 11:59 WIB
Jakarta - Google menarik lebih dari satu miliar unique visitor pada bulan Mei silam. Menurut catatan ComScore, ini adalah pertama kalinya sebuah perusahaan internet mencapai angka tersebut.

Trafik ke Google dilaporkan meningkat 8,4 persen sejak setahun lalu hingga membuat pencapaian ini. Selain Google, data ComScore bulan Mei juga menempatkan situs Microsoft di urutan kedua dengan 905 juta unique visitor, mengalami peningkatan 1 persen.

Facebook yang semula diperkirakan berada di urutan 1 atau 2, justru berada di posisi ketiga dengan 714 juta, naik 30 persen. Yahoo berada di nomor 4 dengan 689 juta unique visitor, trafiknya naik 10,8 persen. Dan Wikimedia menutup urutan lima besar situs terpopuler dengan 411 juta unique visitor.

Dilansir Wall Street Journal dan dikutip detikINET, Kamis (23/6/2011), ComScore mulai memonitor trafik ke Google pada 2006. Ketika itu, Google dilaporkan memiliki jumlah unique visitor 496 juta per bulan.

Microsoft dan MSN saat itu menjadi situs yang paling sering dikunjungi dengan 536 juta unique visitor setiap bulannya. Namun dalam tahun-tahun berikutnya, permainan telah berubah. Google dengan cepat memperluas brand-nya meluncurkan Gmail, mengakuisisi YouTube dan memperkenalkan platform Android.

Namun yang lebih penting dari jumlah unique visitor adalah banyaknya waktu yang dihabiskan di sebuah website. Area ini masih dipuncaki oleh Facebook. Bulan lalu, ComScore menyebutkan rata-rata orang menghabiskan 250 miliar menit di Facebook, dua pertiga lebih lama dibandingkan waktu yang dihabiskan untuk mengunjungi situs jejaring sosial setahun lalu.


(rns/ash)