Larry Page Ambil Alih Kemudi Google

Larry Page Ambil Alih Kemudi Google

- detikInet
Senin, 04 Apr 2011 09:50 WIB
Jakarta - Masa-masa Eric Schimdt sebagai CEO Google sudah berakhir. Pendiri Google, Larry Page, kembali mengambil alih tampuk tertinggi kekuasaan di raksasa internet tersebut pada Senin (4/4/2011) waktu Amerika Serikat.

"Page siap untuk memimpin" ujar Schmidt, dikutip detikINET dari AFP, Senin (4/4/2011).

Page dan Sergey Brin tercatat sebagai pendiri Google. Kedua remaja inovatif ini berhasil menciptakan situs yang jadi rujukan pengguna internet dunia ketika mencari informasi pada 13 tahun lalu.

Setelah Page menjadi CEO, Brin sendiri akan bertanggung jawab untuk proyek strategis dan pengembangan produk-produk Google yang baru.

Sementara CEO terdahulu - Schimdt -- akan masuk dalam jajaran chairman executive Google dan akan memfokuskan diri untuk urusan perjanjian kerja sama, partnership, serta menjaga hubungan dengan pelanggan dan pemerintah.

Selain itu, pria 55 tahun itu juga masih dipercaya untuk menjadi mentor Page dan Brin yang saat ini masih berusia 37 dan 38 tahun dalam memimpin Google.

Schimdt memang seorang eksekutif dunia kelas atas. Tak pelak, kedua pendiri Google mempercayakan aset berharganya kepada Schimdt sejak tahun 2001 lalu. Hasilnya pun tak sia-sia, Google kini kian meraksasa dengan memiliki hampir 25.000 pegawai dan annual revenue mencapai USD 30 miliar.

"Menurut pendapatku, Larry sudah siap untuk memimpin Google dan saya sangat gembira dapat bekerja sama dengan keduanya (Larry Page dan Sergey Brin-red.) dalam waktu yang lama," tukas Schmidt.


(ash/rns)