Lansia Makin Getol Pakai Webmail

Lansia Makin Getol Pakai Webmail

- detikInet
Jumat, 21 Jan 2011 15:56 WIB
Jakarta - Pengguna usia remaja dan dewasa rupanya mulai meninggalkan email via situs web (webmail). Di sisi lain, kalangan lanjut usia (lansia) justru makin getol menggunakannya.

Demikian salah satu hasil survei ComScore seperti disampaikan dalam keterangan pers yang diterima detikINET, Jumat (21/1/2011).

Disebutkan bahwa, pengguna di Amerika Serikat sudah mulai meninggalkan akses webmail. Sebagai penggantinya, mereka makin gemar membuka email di ponsel.

Pengguna usia remaja, 12-17 tahun, menunjukkan penurunan paling besar dalam hal penggunaan webmail. Secara umum ada penurunan 53 persen total halaman yang dibaca via webmail.

Tren serupa juga terjadi di kategori usia yang makin dewasa, mulai dari 18 hingga 54 tahun. Misalnya, pengguna usia 19-24 tahun menunjukkan penurunan 15 persen jumlah halaman yang dibaca via webmail.

Hal sebaliknya disebut terjadi pada usia 55 tahun ke atas. Kalangan menjelang lanjut usia ini justru mengalami peningkatan akses webmail.

Di sisi lain, peningkatan akses email lewat ponsel terus terjadi. Dengan dominasi dari kalangan usia 18 sampai 34 tahun.

Mark Donovan, Senior VP ComScore untuk Mobile, mengatakan penggunaan email di smartphone sudah masuk kategori mainstream, alias digunakan secara luas.

"Dalam periode yang relatif singkat, adopsi email mobile mencapai 78 persen dari pengguna smartphone," ujar Donovan.

(wsh/wsh)