Rabu, 08 Des 2010 10:30 WIB

Google Tunda Rilis Chrome OS

- detikInet
Jakarta - Awalnya, Google diduga akan mengumumkan Chrome OS pekan ini. Ternyata yang diumumkan justru tertundanya kehadiran sistem operasi tersebut.

Hal itu dilakukan Google dalam sebuah event di San Francisco. Acara yang mengatasnamakan tim Chrome itu tadinya diduga akan menjadi ajang rilis resmi Chrome OS.

Ternyata, seperti dikutip detikINET dari The Register, Rabu (8/12/2010), Chrome OS justru ditunda. Rencana semula, Chrome OS akan hadir pada akhir 2010 atau awal 2011.

Kini, menurut Google, perangkat netbook dengan Chrome OS baru akan hadir pada pertengahan 2011. Dua produsen terkemuka, Acer dan Samsung, akan menggawanginya.

Sundar Pichai, VP Product Management dari Google, mengatakan seluruh netbook dengan Chrome OS nantinya akan dibekali kemampuan koneksi 3G. Di AS, Google pun telah bekerjasama dengan operator Verizon Wireless.

Tak hanya untuk pengguna akhir, Google juga membidik kalangan korporat dan bisnis sebagai pengguna Chrome OS. Salah satunya melalui kerjasama dengan Citrix Systems.

Salah satu sebab penundaan Chrome OS ke pertengahan 2011 adalah masih perlu disempurnakannya layanan 'cloud printing' alias mencetak dari web.

Selain itu juga ada perbaikan dari sisi dukungan pada kamera, perangkat USB dan untuk menghilangkan bug tertentu.

(wsh/wsh)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed