Senin, 08 Feb 2010 08:27 WIB

Anggaran Ristek Cuma Rp 100 Miliar

- detikInet
Bandung - Dana riset 2010 untuk Kementrian Negara Riset dan Teknologi cuma dianggarkan Rp 100 miliar. Anggaran ini terbilang kecil mengingat perkembangan teknologi saat ini begitu pesat.

"Anggaran Rp 100 miliar ini dibagi untuk berbagai bidang penelitian termasuk perguruan tinggi, Balitbang kementrian teknis dan lainnya," kata Menristek Suharna Surapranata di Aula Barat ITB, Minggu (7/2/2010).

Diakui oleh Suharna, anggaran tersebut adalah usulan dari menteri sebelumnya. Dirinya hanya tinggal melanjutkan saja. Saat disinggung apakah akan mengajukan tambahan anggaran riset saat anggaran perubahan, ia pun dengan tegas mengatakan tidak.

"Kami tidak akan mengajukan penambahan anggaran," tukasnya.

Meski demikian, minimnya dana riset tidak menyurutkan motivasi pihaknya untuk memberikan sumbangsih pemikiran riset dan pengembangan di tujuh bidang fokus.

"Sekarang prioritas kami pada bidang fokus energi, pangan, ketahanan, ICT, daerah tertinggal, serta transportasi. Sedikit yang ada tapi kita fokus," ungkapnya.

Dana Rp 100 miliar tersebut, kata Suharna, akan dibagi rata. Tidak ada prioritas pada bidang tertentu. "Bagi rata untuk tujuh bidang fokus kami," pungkasnya.



(afz/rou)