Rembang Siap Hijrah ke Open Source

Rembang Siap Hijrah ke Open Source

- detikInet
Senin, 09 Nov 2009 10:37 WIB
Jakarta - Pada tanggal 8 November 2009 bertempat di pendopo Kabupaten Rembang dilakukan seminar nasional dan SAGUSALA Fair yang dihadiri oleh 375 guru sekabupaten Rembang. Dengan penyaji tingkat nasional, yaitu James F. Tomasow (Program manajer teacher's professional development program Klub Guru Indonesia), Reza Erfani (Litbang open source Klub Guru Indonesia), dan Onno W Purbo.

Acara dibuka oleh Bupati Rembang Haji Moch. Salim. Pak Bupati secara explisit mengatakan pentingnya kita menggunakan Open Source untuk kemandirian bangsa, effisiensi pendanaan maupun agar kita tidak perlu mengeluarkan devisa keluar negeri untuk membeli software.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Haji Moch. Salim melaunching pencanangan penandatanganan beberapa sekolah, yaitu SMAN 1 Rembang, SMAN 1 Lasem, SMPN 1 Lasem, SMK TI Umar Fatah, SMKN 1 Rembang, dan SMPN2 Rembang untuk melakukan migrasi ke Open Source.

James F. Tomasow berbicara tentang framework pengembangan ICT untuk pendidikan. Antara lain dibahas tentang program SAGUSALA (Satu Guru Satu Laptop) dan SAGUMUTU (Sekolah Guru Bermutu).

Sementara KG Multimedia alias Klub Guru Multmedia menyampaikan materi untuk mengembangkan konten pendidikan oleh guru, agar dapat membuat materi dalam bentuk CD, atau web, atau artikel online. Dan yang terakhir adalah e-Sekolah yaitu sekolah online dilengkapi dengan blog, wiki, portal pendidikan.

Reza Erfani menjelaskan teknis implementasi dari pengembangan ICT pendidikan. Reza adalah instruktur/avenglist. Reza memberikan workshop GUNDU adalah sistem operasi untuk guru berbasis Ubuntu. GUNDU mirip edubuntu, tapi aplikasinya dalam proses diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Mimpinya sistem operasi untuk mengajar/guru dan SchoolOnffLine.

Onno W. Purbo sendiri memberikan penjelasan taktik untuk memberikan pelajaran internet di sekolah tanpa perlu ada sambungan Internet menggunakan distro linux SchoolOnffLine yang dibuat sendiri oleh Onno.

Dalam distro SchoolOnffLine sudah ada Blog Wordpesss, e-learning Moodle, Perpustakaan Digital, sistem informasi sekolah, webmail dll. Sehingga proses belajar Internet di sekolah dapat dilakukan tanpa perlu ada sambungan ke Internet. Distro SchoolOnffLine dapat di ambil secara bebas & gratis dari SourceForge di http://sourceforge.telkomspeedy.com.
(ash/ash)