Jumat, 16 Okt 2009 11:31 WIB

Seni dan Budaya Warnai Pesta Blogger Jogja 2009

- detikInet
Yogyakarta - Kopi daerah, batik dan sejumlah kesenian tradisional berpadu di gelaran kumpulnya para blogger di Yogyakarta, Pesta Blogger Jogja 2009.

Acara yang digelar komunitas blogger Jogja, Cah Andong dan panitia pusat Pesta Blogger 2009 ini mengambil tema One Spirit One Nation.

Bertempat di Jogja National Museum, Yogyakarta, Kamis (15/10/2009) malam, ratusan blogger dan komunitas pengguna internet dimanjakan dengan berbagai pentas seni tradisional, pelatihan membatik dan tak lupa dijamu berbagai kopi daerah.

"Hal ini disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan panitia. Kami ingin menunjukkan bahwa masyarakat Yogya itu multibudaya," ujar koordinator panitia, Fickry dalam perbincangannya dengan detikINET.

Kesenian-kesenian yang disajikan di acara ini berhasil mengundang antusiasme para peserta acara, dari mulai kesenian Jawa hingga Papua semua tersaji dengan menarik.

Kesuksesan acara ini mendapat pujian dari Bapak Blogger Indonesia, Enda Nasution yang hadir dalam acara ini. Dikatakan oleh Enda, acara ini terbilang fenomenal dan meriah.

Sependapat dengan bapak Enda, seorang blogger yang hadir sebagai undangan, Ryu Deka mengatakan bahwa Yogyakarta punya komunitas besar yang cukup asyik. "Seru panitianya, berhasil bikin tema besar," ujar Ryu yang juga aktif ngeblog di ryudeka.wordpress.com ini.

Acara Pesta Blogger Jogja 2009 sendiri adalah salah satu gelaran dari Road to Pesta Blogger 2009, yang total diadakan di 10 kota di Indonesia.

Selain gathering, panitia juga menyelenggarakan blogshop (workshop blogging) di kampus UGM (Universitas Gajah Mada) dan bagi-bagi 200 bibit pohon pada para peserta sebagai bentuk kecintaan terhadap lingkungan.

(sha/faw)