Senin, 31 Agu 2009 16:17 WIB

Hobi Ngeblog Bawa Dita Keliling Indonesia

- detikInet
Jakarta - Kecintaan terhadap dunia blog telah membawanya keliling ke berbagai daerah di Indonesia. Ia adalah seorang gadis muda berusia 24 tahun, yang menjadi pemenang Bloggership Award pertama di Indonesia.

Gadis ini bernama Anandita Puspitasari. Dita -- demikian biasa disapa -- sejatinya bekerja sebagai content editor di sebuah layanan blog lokal dan kini coba mengadu nasib sebagai community relation pada inmark digital.

Berawal dari hobi menulis buku harian, gadis imut ini terpilih menjadi pemenang Bloggership Award pertama besutan Microsoft Indonesia. Dita tentu langsung tertarik dengan kesempatan jalan-jalan ke berbagai daerah dan menulis isu-isu seputar bidang yang digemarinya sebagai bagian dari hadiah yang ia terima selama enam bulan (Januari-Juni 2009).

Selama perjalanan ke tiga provinsi, Dita diberi kebebasan untuk mengangkat isu-isu yang berhubungan dengan edukasi, peningkatan SDM serta kontribusi sektor swasta dalam pemberdayaan masyarakat guna membuka kesempatan ekonomi.

"Wawasan saya kini lebih luas dan dulu ketika diberi kesempatan dengan CSR Microsoft, saya langsung bersemangat," ujarnya dalam wawancara dengan detikINET di kantor Microsoft Indonesia, Senin (31/8/2009).

Ia pun menuturkan bahwa dengan CSR tersebut, masyarakat seperti nelayan dan petani kini lebih melek internet. Alhasil, mereka bisa meningkatkan produktifitasnya, lewat fasilitas yang diberikan Microsoft.

Kegemarannya untuk nge-blog telah dimulai pada Desember 2004. Waktu itu Dita membuat blog untuk 'memancing' temannya yang semakin sulit ditemui karena terkendala kesibukan dan jarak tempuh yang jauh. Isinya seputar curahan hati yang hanya dimengerti sedikit orang. Tak disangka, blog Dita mendapat banyak pengunjung tak diundang.

Yang membuat Dita makin dikenal, ihwal pengalamannya dengan seorang pria, tak disangka yang bersangkutan membaca. Sejak itu, Dita tak mau lagi menulis tentang masalah pribadi dalam blognya. "Ternyata orang yang diomongin membaca tulisanku. Dia pengunjung setia blog aku," ujar Dita yang sedang menabung uang untuk pendidikan pascasarjana itu.

Meskipun pengalaman menulis blog tak selalu menyenangkan, alumnus Institut Pertanian Bogor ini terus aktif berkarya di dunia maya. Ketika tulisannya dibaca, dikenal, dan direspons orang lain, Dita amat gembira. "Kepuasan batin dengan teman baru lebih berarti daripada komentator yang mengesalkan," ucapnya.

Bloggership sendiri merupakan sebuah scholarship khusus bagi para blogger yang pertama kali diluncurkan oleh Microsoft Indonesia. Bloggership diberikan kepada blogger muda berusia 20-35 tahun dan berjangka waktu 6 bulan.

"Kita memilih blogger muda yang punya antusiasme dalam hal aktivitas offline. Dan tulisannya tersebut kita harapkan dapat menginspirasi masyarakat," tambah Mona Monika, PR Manager Microsoft Indonesia.



(/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed