Caleg 'Jual Diri' di Wikipedia

Caleg 'Jual Diri' di Wikipedia

- detikInet
Jumat, 20 Mar 2009 12:25 WIB
Jakarta - Berbagai tempat yang dianggap dapat menampung massa dalam jumlah besar jadi sasaran para caleg untuk mempromosikan diri. Tak terkecuali di ensiklopedia online Wikipedia, ternyata banyak juga caleg yang 'menjual diri' di sini.

Demikian dikatakan Ivan Lanin, pengurus Wikipedia Indonesia yang ditemui detikINET dalam konferensi pers yang berlangsung di Gedung Depkominfo Jakarta, Jumat (20/3/2009).

Menurut Ivan, artikel mengenai sosok para caleg tersebut bisa saja dibuat oleh para pendukung mereka. "Tapi jelang pemilu seperti sekarang ini makin parah jumlahnya," ujarnya.

Hal ini tentu membuat para editor di situs ensiklopedia ini kian sibuk mengawasi artikel yang wara-wiri. Bahkan tak jarang, keberadaan artikel tersebut harus dihempaskan.

Sebab, kata Ivan, Wikipedia memiliki aturan-aturan yang harus ditaati terhadap setiap artikel yang ada di dalamnya.

"Yang utama adalah artikel tersebut harus netral, tidak mengagung-agungkan sesuatu secara berlebihan. Lalu kedua, dilihat dari sisi kelayakan. Paling tidak orang yang ditulis tersebut pernah dibahas dalam media nasional minimal dua kali," jelasnya.

Namun kalau para tokoh nasional yang telah mendeklarasikan diri sebagau calon presiden sepertinya sudah ada semua di Wikipedia. "Soalnya mereka kan sudah terkenal," tandas Ivan.

(ash/faw)