Kamis, 19 Mar 2009 11:30 WIB

Awas, Jebakan 'iPhone Gratis' Menyebar

- detikInet
Jakarta - Menjelang hari peluncurannya di Indonesia, yakni 20 Maret besok, iPhone 3G semakin sering menjadi buah bibir. Mungkin banyak yang sudah tidak sabar untuk menimang smartphone besutan Apple ini.

Namun, berhati-hatilah, jangan sampai terkecoh dengan kabar tipu-tipu alias hoax yang menginformasikan tentang program Apple bagi-bagi iPhone 3G gratis.

Salah satu email hoax tentang program Apple bagi-bagi hadiah iPhone gratis misalnya seperti ini:

Pelanggan yang terhormat,

Kami beritahukan kepada seluruh pelanggan bahwa perusahaan kami, Apple Corporation yang berkantor pusat di Cupertino, California US membuka kantor pemasaran di Jakarta, Indonesia

Produk yang kami pasarkan adalah Hand Phone tipe iPhone3G yang dilengkapi dengan teknologi GPS, Wi-Fi, bluetooth, video-audio, camera-photo, 16GB flash drive capacity, dll.

Details produk kami silakan kunjungi: http://www.apple.com/iphone/specs.html

Untuk peluncuran perdana di Indonesia, kami akan memberikan secara gratis produk terbaru HP iPhone3G yang dilengkapi features seperti diatas.

Dengan memberikan iPhone3G ini, kami berharap akan mendapatkan umpan balik yang berharga dari para pelanggan dan mendapatkan efek promosi berantai yang besar.

Yang harus anda lakukan adalah:

  • Fowardkan pesan ini kepada 20 orang teman. Setelah 2 minggu waktu pengiriman, anda akan menerima sebuah iPhone3G. Sebelumnya kami akan mengontak anda untuk alamat detail pengiriman, atau
  • Forwardkan pesan ini kepada 40 orang, anda akan menerima 2 produk: 1 bh iPhone3G + 1 bh iPod classic berkapasitas 120GB. Detail produk iPod classic kunjungi: http://www.apple.com/ipodclassic

Harap dikirimkan sebuah copy / Cc email kepada: applecorpjkt@mail2europe.com, agar kami mengetahui bahwa anda telah memforward pesan ini.

Hormat kami,

Julia Christvanie
Regional Sales Manager
Apple Corporation - Jakarta  Office
Sudirman Square Office Tower, Tower B Lt. 23
JI. Jend Sudirman Kav. 45-46 Jakarta Selatan 12930
Email: applecorpjkt@mail2europe.com


Sebenarnya dengan hanya membaca sekilas email tersebut, kita bisa langsung tahu bahwa informasi ini palsu. Karena sepertinya terlalu muluk, jika hanya dengan bermodal mem-forward (meneruskan) e-mail ke dua puluh orang teman, kita bisa langsung mendapatkan iPhone 3G gratis. Padahal kita tahu bahwa harga iPhone 3G begitu mahal, sepertinya mustahil kalau akan dibagi secara cuma-cuma.

Selain itu dari alamat e-mail yang digunakan kita juga bisa tahu bahwa itu bukan dari Apple Inc, karena e-mail tersebut menggunakan domain mail2europe.com, yang berarti bukan domain milik Apple.

Untuk memastikan bahwa informasi ini palsu, detikINET kemudian mengkonfirmasi hal ini ke pihak Apple, Kamis (19/3/2009). Hasilnya? Mereka memastikan bahwa informasi tersebut palsu, karena Apple tidak pernah mengadakan program bagi-bagi iPhone gratis. Selain itu Apple juga tidak memiliki perwakilan di Indonesia seperti yang dicantumkan di e-mail itu.

Pihak Apple juga mengatakan bahwa kabar palsu tentang iPhone sudah marak beredar dari setahun yang lalu.


(faw/wsh)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed