Jumat, 25 Jul 2008 15:41 WIB

Game Bantu Penanganan Anak Autis

- detikInet
Inggris - Anak-anak autis cenderung apatis terhadap lingkungan sekitarnya. Sebuah cara unik pun telah dikembangkan untuk membantu anak-anak ini untuk berkomunikasi, yakni lewat game komputer.

Studio animator yang merancang game komputer kartun ini adalah Catalyst Video. Mereka mengembangkan game komputer yang diberi nama Space Place untuk penyandang autis. menghadirkan 12 cerita yang berfokus pada kaitan antara emosi dan ekpresi wajah.

Menurut Nik Lever, managing director Catalyst, anak penyandang autis bermasalah dengan pengenalan emosi. Game ini diharapkan menjadi alat bantu bagi orang tua dan guru untuk membangun kemampuan empati pada anak autis.

"Dengan menggunakan alat bantu semacam ini secara teratur, anak penyandang autis dapat mengembangkan kepekaan dan emosi mereka sehingga dapat menerapkannya dalam situasi yang berbeda," ujar Lever, seperti dikutip detikINET dari Tameside Advertiser, Jumat (25/7/2008).

Lebih lanjut Lever menambahkan bahwa anak-anak yang menyandang autis kemungkinan besar akan menyukai program macam Thomas the Tank Engine dan Roary the Racing Car. Kami menyediakannya di internet. Sembari menonton, mereka dapat meningkatkan kemampuan sosialnya.

Space Place direkomedasikan oleh psikolog Dr Janine Spencer, yang mendirikan Centre for Research in Infant Behaviour lab di Brune University.

"Space Place sungguh fantastis, ekspresi wajah karakter menunjukkan emosi penting untuk menguatkan cerita," tandas Dr Janine Spencer.


Ingin berbagi cerita tentang game? Gabung saja dengan detikINET Forum!




(faw/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed