5 Pertimbangan Orang Saat Beli HP Baru, 5G Makin Dilirik

5 Pertimbangan Orang Saat Beli HP Baru, 5G Makin Dilirik

ADVERTISEMENT

5 Pertimbangan Orang Saat Beli HP Baru, 5G Makin Dilirik

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 24 Jan 2023 16:42 WIB
Samsung Galaxy A14 5G
5 Pertimbangan Orang Beli HP Baru, 5G Makin Dilirik. Foto: Samsung Indonesia
Jakarta -

Membelian handphone sudah menjadi kebutuhan utama kebanyakan orang dewasa ini. Sebab perangkat HP tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, tetapi untuk mengakses internet, bekerja dan melakukan pembayaran digital.

Masalahnya banyak pilihan HP tersedia di pasaran. Kondisi ini memang memberikan konsumen banyak pilihan, tapi di satu sisi bikin pusing HP mana yang hendak dibeli.

Berdasarkan riset Samsung, ada 5 pertimbangan orang saat membeli HP baru. Apa saja?

5 Pertimbangan Orang Beli HP Baru

1. Performa HP

Performa menjadi pertimbangan utama orang dalam membeli HP. Mereka mempertimbangkan chipset, kapasitas RAM dan ROM.

Galaxy A14 5G yang baru diluncurkan Samsung menggunakan chipset MediaTek Dimensity 700. Chipset tersebut menawarkan peningkatan signifikan dibandingkan pendahulunya.

"Dibandingkan Exynos 850 di Galaxy A13, chipset Dimensity 700 bawa peningkatan 2x CPU dan 3x GPU, koneksinya pun kini 5G," terang Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager SEIN, saat sesi Galaxy A14 5G Online Media Q&A Session.

2. Baterai

Baterai menjadi pertimbangan kedua seseorang dalam menentukan HP yang hendak dibeli. Semakin besar kapasitas baterai yang ditawarkan makin menjadi pilihan konsumen.

Karena itu Samsung menyematkan baterai berkapasitas 5.000 mAh pada Galaxy A14 5G, diklaim tahan dua hari penggunaan. Tak sampai di situ, HP ini menggunakan port USB Type C dengan dukungan pengisian cepat 15W.

"Kami menyertakan adaptor charger 15 dalam paket pembelian Galaxy A14 5G," ungkap pria yang kerap disapa Indra ini.

3. Kamera

Ukuran kamera kerap jadi pertimbangan utama dalam membeli HP. Tidak saja untuk abadikan momen, kamera digunakan membuat konten kreatif di media sosial.

Samsung menyertakan kamera 50 MP di bagian punggung Galaxy A14 5G. Selain itu ada lensa makro 2 MP dan depth 2 MP. Untuk kamera selfie berukuran 13 MP.

4. Konektivitas 5G

Ketersediaan dukungan konektivitas 5G turut jadi penentu seseorang meminang HP barunya. Sebab konsumen ingin menikmati koneksi yang kencang dan stabil.

"Berdasarkan riset internal, pada 2020, konektivitas menjadi urutan kesembilan pertimbangan konsumen memilih HP. Di 2022, konektivitas naik urutan ke-4," ungkap Indra.

"Kami yakin di 2023 banyak yang mencari HP 5G untuk mendukung kehidupan digital mereka," imbuhnya.

5. Harga

Harga masih menjadi pertimbangan utama seseorang membeli HP. HP yang terjangkau dengan spesifikasi mumpuni paling diharapkan.

Samsung sendiri membanderol Galaxy A14 5G dengan harga lebih murah ketimbang di Amerika Serikat. Padahal spesifikasi yang ditawarkan lebih tinggi.

Di negeri Paman Sam, Galaxy A14 5G dijual Rp 3,1 juta dengan opsi RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Sementara di Indonesia, HP yang sama hadir dengan RAM 6 GB dan ROM 128 GB, namun harganya Rp 2,999 juta. Ini membuatnya sebagai HP 5G termurah yang dijual Samsung.

Selama 20-26 Januari 2023 berupa cashback Rp100.000 dan gratis langganan YouTube Premium selama 2 bulan senilai Rp118.000 dan Spotify Premium selama 3 bulan senilai Rp165.000.

"Kami ingin menawarkan harga terbaik sesuai dengan teknologi yang diberikan. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan HP 5G terjangkau," pungkas Indra.



Simak Video "Rekomendasi HP 5G Murah, Infinix Zero 5G Hingga Poco M3 Pro"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT