Samsung Rilis Mesin Cuci Kapasitas Besar Berfitur AI dan Terhubung ke HP

Samsung Rilis Mesin Cuci Kapasitas Besar Berfitur AI dan Terhubung ke HP

ADVERTISEMENT

Samsung Rilis Mesin Cuci Kapasitas Besar Berfitur AI dan Terhubung ke HP

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 23 Jan 2023 19:04 WIB
Mesin Cuci Samsung
Samsung AI Ecobubble Washer Dryer Front Load. Foto: Samsung Indonesia
Jakarta -

Samsung memboyong mesin cuci terbaru ke pasar Indonesia. Tidak hanya berkapasitas besar, perangkat yang dihadirkan punya fitur kecerdasan buatan (AI) dan dapat terhubung dengan handphone.

Perangkat tersebut bernama Samsung AI Ecobubble Washer Dryer Front Load, punya kapasitas 21kg. Selain itu ada Power Storm Twin Tub yang menawarkan kapasitas 16 kg.

"Dengan teknologi AI yang dapat mempelajari kebiasaan pengguna, memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi sesuai kebiasaan penggunanya sehingga tidak perlu bingung lagi memilih mode pencucian. Keduanya pun mudah dioperasikan, menjadi solusi dalam rutinitas rumah tangga dan memberikan kesempatan lebih bagi pengguna untuk menikmati waktu yang lebih berkualitas," jelas Joseph, Home Appliances Business Head, Samsung Electronics Indonesia, dalam keterangannya.

Samsung AI Ecobubble Washer Dryer Front Load

Samsung AI Ecobubble Washer Dryer Front Load adalah mesin cuci tipe bukaan depan. Mengombinasi mesin cuci dan dryer dengan kapasitas pencucian 21kg dan pengeringan 12kg, sehingga mampu mencuci dan mengeringkan pakaian dalam satu perangkat.

Mengusung teknologi EcoBubble yang mampu mencampurkan air dan deterjen menjadi busa sehingga mampu meresap ke dalam kain yang diklaim 40 kali lebih cepat, sembari tetap merawat warna dan tekstur pakaian.

Perangkat ini dijanjikan dapat mencuci dengan cepat berkat adanya fitur Speed Shot. Mesin akan melakukan pencucian 30 menit untuk kain katun.

Mesin Cuci SamsungMesin Cuci Samsung Foto: Samsung Indonesia

Fitur AI Wash di mesin cuci ini menggunakan empat jenis sensor untuk mendeteksi berat cucian, sensor kekeruhan yang akan memantau tingkat kekotoran pakaian, mendeteksi deterjen yang dibutuhkan, dan menghitung volume air. Kegiatan mencuci pun menjadi lebih efisien dan mudah karena pengguna tidak perlu mengira-ngira jumlah deterjen atau air yang tepat untuk cucian hari itu.

Terdapat pula fitur AI Pattern yang mempelajari pola dan kebiasaan mencuci pengguna, melalui siklus dan pengaturan yang pernah dipilih. Setelah 25 kali penggunaan, fitur ini akan otomatis memprioritaskan siklus yang biasa digunakan untuk cepat diakses di panel kontrol.

"Jadi, pengguna cukup tekan Start, tak perlu repot mengatur setting mesin cuci dari awal," kata Joseph.

Rekomendasi ini juga bisa diakses di aplikasi SmartThings yang terhubung ke mesin cuci. Dengan aplikasi SmartThings pengguna dapat memantau mesin cuci dan kegiatan mencuci, kapan saja dan dari mana saja, melalui HP.

Dengan adanya dryer dalam mesin cuci ini membuat pakaian kering, bisa dijadikan solusi pengeringan di kala musim penghujan tiba. Tak kalah penting, dukungan Digital Inverter bikin ebih hemat daya dibandingkan motor universal.

Samsung Power Storm Twin Tub

Mesin cuci dua tabung ini hadir dalam warna yang elegan dengan kapasitas 16 kg sehingga pengguna bisa mencuci lebih banyak dalam sekali pencucian. Perangkat inimenjanjikan pencucian yang powerful tapi tetap melindungi pakaian dari kerusakan.

Mesin Cuci SamsungMesin Cuci Samsung Foto: Samsung Indonesia

Itu berkat pulsator Power Storm, mesin akan menciptakan efek gelombang air yang terus berubah dan kuat dengan arus yang multi-arah. Ditambah semburan air dual jet memastikan pencucian yang lembut namun menyeluruh untuk menghasilkan pakaian yang bersih dan bebas kusut.

Samsung turut memberikan fitur Magic Mixer guna melarutkan deterjen tidak bergumpal dan bersisa. Cukup tambahkan air dan deterjen ke dalam mesin cuci dan pilih opsi Magic Mixer di panel kontrol. Bubuk deterjen tidak akan menggumpal dan meninggalkan residu yang mengotori mesin atau menempel pada baju. Sebagai keuntungan tambahan, pengguna tidak perlu mencampur deterjen secara manual sehingga menjaga kondisi kulit tangan.

Pada mode pengeringan, fitur Air Turbo membuat tabung pengering berputar dengan sangat cepat untuk mengeluarkan lebih banyak air, sedangkan dual air intake akan menarik dan mensirkulasi lebih banyak udara. Hasilnya, pengeringan pun dilakukan dengan lebih cepat.

Harga dan Ketersediaan

Samsung AI Ecobubble Washer Dryer Front Load telah tersedia pada harga yang direkomendasikan Rp 14.999.000 dan Samsung Power Storm Twin Tub pada harga yang direkomendasikan Rp 3.499.000.

Samsung memperpanjang masa garansi Digital Inverter motor[ pada mesin cuci front load dan top load hingga 20 tahun



Simak Video "Before-After Kastil Gaziantep Dihantam Gempa Turki"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT