Realme Pamer Charger HP 240W

Realme Pamer Charger HP 240W

ADVERTISEMENT

Realme Pamer Charger HP 240W

Anggoro Suryo - detikInet
Selasa, 10 Jan 2023 11:20 WIB
Realme 240W
Foto: Dok. Realme
Jakarta -

Realme memamerkan teknologi charger HP terbarunya yang punya daya maksimal 240W, dan dijanjikan akan dipakai di HP flagshipnya yang akan datang.

Ini adalah daya yang sangat besar untuk sebuah charger HP, karena itulah selain charger, Realme juga membuat kabel 12A khusus sebagai pasangan dari charger yang beroperasi di 20V/12A dan menggunakan tiga jalur ini.

Charger USB-C ini disebut Realme sebagai double GaN (gallium nitride) ini punya ukuran yang relatif kecil, hampir sama dengan ukuran charger SuperDart 160W, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Selasa (10/1/2023).

Listrik 20V/12A dari charger ini diubah menjadi 10V/24A melalui tiga jalur pengisian. Artinya, HP yang mendukung charger ini harus mempunyai baterai tiga sel. Kabel charger 12A yang dipakai pun tak main-main, karena berisi empat kabel 21 AWG yang diameternya hampir 3mm (belum termasuk lapisan pelindung plastik).

Dengan daya sebesar itu, sistem keamanannya pun harus berlapis. Realme memasang 13 sensor real time yang akan membatasi daya yang dialirkan jika mendeteksi adanya bahaya. Perlindungan ini juga meliputi penggunaan material tahan api dan berbagai sertifikasi keamanan.

Namun yang paling menarik adalah pernyataan Realme yang memastikan kalau charger 240W ini tak sekadar prototipe dan akan segera dipakai di ponsel flagship Realme yang selanjutnya.

Ponsel tersebut, menurut Realme, akan punya area pendingin yang paling luas di kelasnya, yang menggunakan lapisan graphene dengan luas total 6.580 mm persegi. Sistem pendingin ini selain berfungsi mendinginkan chip, juga untuk mendinginkan ponsel saat sedang dicharger dengan daya yang sangat besar itu.

Meski dayanya besar, Realme juga menjanjikan kalau baterai ponsel akan bisa mempertahankan kapasitasnya hingga 80% setelah 1.600 siklus charging, atau dengan kata lain, baterainya akan tetap cukup awet meski menggunakan charger dengan daya sebesar itu.

Sebagai informasi, standar industri yang ada saat ini adalah kapasitas baterai 80% setelah 800 siklus pengisian baterai. Jadi apa yang dijanjikan Realme ini terbilang menarik.

Belum diketahui ponsel flagship mana yang akan kebagian charger 240W ini, namun kemungkinan ponsel tersebut adalah Realme GT3 Pro atau mungkin bisa juga Realme GT Neo5.



Simak Video "Sederet Keunggulan Realme 10 Pro dan Pro+ 5G"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT