Fufuly, Robot Bantal Canggih Penghilang Stress

Fufuly, Robot Bantal Canggih Penghilang Stress

ADVERTISEMENT

CES 2023

Fufuly, Robot Bantal Canggih Penghilang Stress

Anggoro Suryo - detikInet
Minggu, 08 Jan 2023 18:30 WIB
Fufuly
Foto: Dok. Yukai Engineering
Jakarta -

Ada banyak produk menarik yang dirilis di CES 2023, salah satunya adalah Fufuly, robot bantal yang dijanjikan bisa menghilangkan stress.

Fufuly dibuat oleh Yukai Engineering, perusahaan robotik asal Jepang, yang memboyong Fufuly ke Las Vegas, Amerika Serikat. Menurut Yukai, Fufuly mengandalkan kemampuannya untuk "bernafas", dan hal ini menurut mereka bisa membantu mengurangi ketegangan atau stress penggunanya.

Meski disebut bernafas, sebenarnya lebih tepat kalau disebut bantal ini bisa semacam bergetar mengikuti pola pernafasan penggunanya. Getaran tersebut bisa menstimulasi pola nafas penggunanya, yang kemudian bisa mengurangi tingkat ketegangan penggunanya.

CEO Yukai Shunsuke Aoki menyebut pengembangan Fufuly didasarkan dari penelitian di Universitas Tokyo, yaitu getaran yang menyerupai nafas seseorang bisa menenangkan pikiran orang.

"Menggunakan bantal ini selama lima menit bisa mengurangi tingkat stress pengguna dan membuat mereka lebih fokus," kata Aoki.

Hal ini mirip dengan ketika orang menggendong bayi atau memeluk hewan peliharan seperti kucing, yang bisa mengurangi stress mereka.

Meski disebut robot, atau mungkin juga bisa disebut bantal pintar, tak ada aplikasi yang menyertai bantal ini. Hanya ada tombol untuk mengatur mode yang diaktifkan, yaitu regular, deep, dan mode ketiga yang didasarkan dari teknik relaksasi pernafasan populer.

Dalam situs resminya, dijelaskan cara penggunaan bantal robot ini yang sangat mudah. "Ini sangat mudah digunakan. Nyalakan dan peluk. Hanya itu yang perlu dilakukan".

Belum ada harga resmi untuk Fufuly ini, namun menurut Aoki, harganya akan lebih mahal dari Qoobo, produk sejenis namun berbentuk bantal kucing, yang harganya USD 100. Peluncurannya sendiri baru akan dilakukan pada 2023 ini di Jepang, dan kemudian baru diluncurkan secara global.



Simak Video "Aksi Robot Bartender Bikin Minuman di CES 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT