Ikuti Jejak Samsung, Oppo Kabarnya Akan Bikin Chipset HP Sendiri

Ikuti Jejak Samsung, Oppo Kabarnya Akan Bikin Chipset HP Sendiri

ADVERTISEMENT

Ikuti Jejak Samsung, Oppo Kabarnya Akan Bikin Chipset HP Sendiri

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 01 Jan 2023 08:36 WIB
Oppo Find X5 Pro
Ikuti Jejak Samsung, Oppo Kabarnya Akan Bikin Chipset HP Sendiri Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Oppo kabarnya sedang mengembangkan chipset sendiri untuk smartphone. Chipset baru ini diperkirakan akan meluncur pada tahun 2024.

Rumor soal pengembangan chipset ini datang dari tipster IceUniverse. Dalam cuitannya di Twitter, IceUniverse mengatakan Oppo sudah mempekerjakan ribuan engineer untuk mengembangkan SoC tersebut, seperti dikutip dari GSM Arena, Minggu (1/1/2023).

Detail lainnya tentang chipset misterius tersebut masih belum diketahui. Tapi kemungkinan chipset itu akan berbasis arsitektur ARM yang menggunakan CPU Cortex dan GPU Mali.

Belum diketahui apakah chipset ini akan debut di ponsel flagship Oppo atau justru di ponsel kelas menengah. Saat ini ponsel-ponsel Oppo kebanyakan menggunakan chipset dari Qualcomm dan Mediatek.

Oppo sendiri sudah mengembangkan dua chip custom yaitu MariSilicon X dan MariSilicon Y. MariSilicon X merupakan NPU imaging yang debut di Oppo Find X5 series untuk meningkatkan kualitas foto dan video yang diambil dalam kondisi minim cahaya.

Sedangkan MariSilicon Y baru saja diumumkan di ajang Oppo INNO Day 2022. Chipset Bluetooth audio ini menjanjikan suara lossless 24 bit/192kHz secara wireless. Saat ini chip MariSilicon Y belum dirilis secara publik.

Belum diketahui perusahaan apa yang akan digaet oleh Oppo untuk mengembangkan chipset ini. Oppo sendiri sudah bermitra dengan TSMC untuk membuat chip MariSilicon X, jadi ada kemungkinan keduanya akan berkolaborasi lagi.

Kabar soal Oppo mengembangkan chipset ponsel sendiri sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Pada tahun 2021, vendor asal China ini dilaporkan tertarik membuat SoC custom untuk ponsel flagship menggunakan pemrosesan 3nm dari TSMC yang akan debut pada tahun 2023.

Jika rumor ini menjadi kenyataan, maka Oppo akan mengikuti jejak Samsung, Google, dan Apple sebagai vendor ponsel yang juga mengembangkan chipset-nya sendiri.



Simak Video "OPPO Gagahkan Kamera Ratusan Megapixel di OPPO Reno8 T Series"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT