Pura-pura Hamil, Wanita Ini Selundupkan 200 Prosesor Intel

Pura-pura Hamil, Wanita Ini Selundupkan 200 Prosesor Intel

ADVERTISEMENT

Pura-pura Hamil, Wanita Ini Selundupkan 200 Prosesor Intel

Anggoro Suryo - detikInet
Selasa, 06 Des 2022 13:05 WIB
Penyelundupan prosesor Intel
Foto: Dok. Techspot
Jakarta -

Biasanya, barang yang sering diselundupkan oleh wanita yang berpura-pura hamil adalah narkoba. Namun ternyata ada juga yang menyelundupkan prosesor.

Pelaku penyelundupan ini adalah seorang wanita muda di China yang tertangkap melintasi perbatasan antara Makau dan Zhuhai, sebuah kota di Guandong, China. Ia tertangkap di pemeriksaan bea cukai di Pelabuhan Gongbei karena sikapnya yang mencurigakan.

Wanita yang tak disebutkan namanya ini melewati pemeriksaan bea cukai menggunakan baju ibu hamil, namun postur tubuhnya terlihat tak seperti wanita yang sedang hamil besar.

Ia langsung dipisahkan dari antrean dan diinterogasi soal kehamilannya, saat itulah ia mengaku sedang hamil 5-6 bulan. Padahal ukuran perutnya lebih mirip wanita yang sudah hamil besar.

Saat diperiksa, ternyata ia menggunakan perut palsu dan di dalamnya tersimpan ratusan prosesor Intel dan sembilan unit iPhone. Semuanya itu dibungkus plastik dan ditempelkan ke perutnya menggunakan plester.

Unit prosesor yang diselundupkan itu, dari foto yang beredar, terlihat seperti prosesor Intel dengan LGA 1700. Artinya, prosesor tersebut bisa dari seri Alder Lake atau juga bisa Rocket Lake. Seementara iPhone yang diselundupkan itu adalah iPhone X (atau bisa juga iPhone XS karena punya bentuk yang identik).

Jika ditotal, barang yang diselundupkan itu nilainya mencapai USD 100 ribu atau sekitar Rp 1,5 miliar, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Senin (5/12/2022).

Penyelundupan seperti sebenarnya lazim terjadi di China, karena pajak impor yang dikenakan untuk produk seperti ini sangat tinggi. Jadi cukup banyak kasus penyelundupan di mana pelakunya menyelipkan komponen PC seperti prosesor di badannya.

Pada Maret 2022 lalu misalnya, seorang pria ditangkap di pelabuhan Gongpei karena menyelundupkan 160 prosesor dan 16 ponsel layar lipat. Sejauh ini, rekor penyelundupan prosesor yang tertangkap adalah saat seorang sopir truk yang datang dari Hong Kong membawa 256 prosesor yang diplester di bagian badannya.

Sementara rekor penyelundupan iPhone adalah 146 unit iPhone yang diselundupkan oleh seorang pria dari Hong Kong. Menariknya, dari berbagai kasus penyelundupan ini, hanya ada dua jenis yang diungkap, yaitu prosesor Intel dan ponsel.



Simak Video "Komisi I DPR RI Sayangkan WNI Jadi Agen Intel Asing di Kaltara"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT