Aplikasi Android TV Bakal Irit Penyimpanan

Aplikasi Android TV Bakal Irit Penyimpanan

ADVERTISEMENT

Aplikasi Android TV Bakal Irit Penyimpanan

Anggoro Suryo - detikInet
Jumat, 25 Nov 2022 10:04 WIB
TV Android
Ilustrasi Android TV. Foto: dok TCL
Jakarta -

Selama ini format aplikasi yang dipakai di Android TV dan Google TV adalah Android Package Kit (APK), dan Google kini mewajibkan format tersebut diganti. Jadi apa?

Josh Wentz, Product Management team di Google TV mengungkap mulai Mei 2023 mendatang Google TV dan Android TV wajib menggunakan format App Bundles yang lebih irit penyimpanan dan punya performa lebih tinggi.

Google pun memberikan waktu enam bulan bagi para developer untuk memformat ulang aplikasinya ke App Bundles agar lebih ringan. Meskipun sebenarnya Wentz menyebut proses tersebut sebenarnya hanya membutuhkan tiga hari.

Keunggulan utama penggunaan format App Bundles adalah ukuran penyimpanan yang 20% lebih kecil, karena aplikasi hanya menggunakan sumber daya yang dibutuhkan, sementara sisanya disimpan.

Menurut Wentz saat ini ada 10 ribu aplikasi yang tersedia di Android TV, dan besarnya ukuran aplikasi tersebut menurutnya membuat banyak pengguna harus menghapus aplikasi yang tidak dipakai.

Untuk itulah ia dan timnya mendorong para developer untuk mengubah format aplikasi yang dipakai, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Jumat (25/11/2022).

Format App Bundles ini sebenarnya sudah diwajibkan untuk aplikasi yang didaftarkan di Play Store sejak Agustus 2021 lalu. Jadi developer yang baru mendaftarkan aplikasinya pada Agustus 2021 wajib menggunakan App Bundles.

Namun di balik keunggulan di sisi penyimpanan yang lebih irit, ada satu kerugian dari format ini. Yaitu format aplikasinya hanya bisa dipakai di Google Play dan tak bisa dipakai di platform lain. Hal tersebut akan merugikan bagi developer yang mendistribusikan aplikasinya ke perangkat non Google Play.

Google menjanjikan bagi developer kalau membuat aplikasi dalam format Android App Bundle ini hanya sedikit lebih sulit ketimbang dalam bentuk APK. Juga dukungan berbagai software untuk membuat aplikasi, seperti Android Studio, Gradle, Bazel, Buck, Cocos Creator, Unity, Unreal Engine, dan bermacam software lainnya.

Android App Bundle adalah format yang pertama diluncurkan pada Mei 2018, dan menurut Google, saat ini ada lebih dari sejuta aplikasi yang menggunakan format ini, termasuk mayoritas dari 1.000 aplikasi terpopuler di Google Play, seperti Adobe, Duolingo, Gameloft, Netflix, redBus, Riafy, dan Twitter.



Simak Video "Pengguna Google Play Tembus 2,5 Miliar di 10 Tahun Terakhir "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT