Keren! LG Display Pamer Speaker Setipis Kertas

Keren! LG Display Pamer Speaker Setipis Kertas

ADVERTISEMENT

Keren! LG Display Pamer Speaker Setipis Kertas

Anggoro Suryo - detikInet
Rabu, 23 Nov 2022 10:50 WIB
Speaker Tipis LG
Foto: Dok. LG Display
Jakarta -

Meski nama perusahaannya LG Display, anak usaha LG ini tak cuma membuat panel layar. Baru-baru ini mereka memamerkan sebuah speaker jenis baru yang super tipis. Setipis kertas!

Nama resmi speaker ini adalah Thin Actuator Sound Solution, tak menarik memang namanya. Namun solusi speaker ini mungkin bisa mengubah dunia audio mobil, karena bisa menggantikan speaker konvensional yang dipasang di dalam mobil.

LG Display mengaku menggandeng perusahaan audio global dalam mengembangkan speaker ini, namun mereka tak menyebut perusahaan audio mana yang dimaksud, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Rabu (23/11/2022).

Speaker super tipis ini tentu menggunakan komponen yang berbeda dibanding speaker konvensional yang menggunakan coil, magnet, dan sejenisnya. Sebagai penghasil suara, dipakai bahan lapisan tipis yang bernama exciter.

Lapisan ini bisa menggetarkan berbagai material yang ada di interior mobil untuk menghasilkan suara, yang diklaim, memberikan pengalaman audio imersif 3D yang sangat kaya.

Oh ya, dimensi lapisan yang bisa menghasilkan suara ini adalah 14,9 x 8,8mm dengan ketebalan 2,5mm. Bobotnya? Cuma 39,6 gram. Dengan dimensi sekecil dan setipis itu, speaker ini bisa disembunyikan di hampir semua tempat di interior mobil. Misalnya dashboard, pilar, headrest, dan lain sebagainya.

Alhasil, menurut LG, tempat-tempat yang biasanya ditempati untuk speaker bisa dikosongkan tanpa harus berkompromi dengan kualitas suara.

Sebenarnya konsep ini tak baru-baru amat. Panel yang bergetar dan bisa menghasilkan suara sudah beberapa kali ditampilkan di berbagai perangkat lain. Misalnya TV OLED dari Sony dan LG yang "menggabungkan" speaker dengan layar, sehingga TV bisa terlihat tanpa bezel.

Namun implementasi di interior mobil ini tampaknya lebih menguntungkan karena benar-benar bisa mengirit tempat. Tentu saja jika speaker ini benar-benar bisa menghasilkan suara yang berkualitas seperti klaim LG. Oh ya, speaker ini akan dipamerkan LG dalam ajang CES 2023 yang digelar awal Januari 2023 mendatang.



Simak Video "ASUS Luncurkan Laptop Layar Lipat, Segini Harganya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT