Nokia Siapkan Banyak Kejutan untuk Tahun 2023

Nokia Siapkan Banyak Kejutan untuk Tahun 2023

ADVERTISEMENT

Nokia Siapkan Banyak Kejutan untuk Tahun 2023

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 22 Nov 2022 20:14 WIB
Nokia C21 Plus dan Nokia C31
Nokia Siapkan Banyak Kejutan untuk Tahun 2023 Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Jakarta -

HMD Global baru saja merilis Nokia C21 Plus, Nokia C31, dan tablet Nokia T21 di Indonesia untuk menutup tahun 2022. Menyambut tahun 2023, HMD Global selaku pemegang merek Nokia sudah menyiapkan banyak kejutan.

Country GM HMD Global Indonesia Hero Tjokroardi mengatakan HMD Global akan meluncurkan ponsel Nokia baru tiap kuartal sepanjang tahun 2023.

"Setelah ini dua tipe ini sama satu tablet, quarter satu kita juga akan memasukkan mungkin satu smartphone lagi. Quarter dua juga," kata Hero saat ditemui seusai peluncuran Nokia C Series dan Tablet, di Jakarta, Selasa (22/11/2022).

"Tahun depan yang sudah kita terpikir mungkin setiap quarter ada dua sampai tiga model," sambungnya.

Hero menambahkan ponsel-ponsel Nokia yang akan diluncurkan tahun depan berupa smartphone 4G. Untuk ponsel 5G, Hero mengatakan kemungkinan baru akan dibawa jika harganya menarik dan sesuai untuk pasar Indonesia.

Country GM HMD Global Indonesia Hero TjokroardiCountry GM HMD Global Indonesia Hero Tjokroardi (kanan) Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Lantas bagaimana dengan feature phone, segmen yang dikuasai Nokia saat ini? Hero mengatakan feature phone 2G yang sederhana akan tetap hadir, tapi untuk feature phone 4G yang sedikit lebih canggih masih kesulitan untuk diboyong ke Indonesia.

"Kalau kita masih terbentur dengan masalah TKDN. Aturannya kalau 4G itu kan harus 35%, tapi kalau kita hitung-hitung itu (feature phone) pasti nggak akan tercapai," ucap Hero.

"Kalau di negara lain 4G feature phone itu menggantikan 2G, di Indonesia seperti apa itu yang lagi kita pelajari," imbuhnya.

Di tahun 2023, Nokia juga memasang strategi agar bisa menembus top 5 pasar smartphone Indonesia. Hero optimistis Nokia bisa masuk ke daftar vendor ponsel lima besar dan kembali menjadi ponsel sejuta umat.

"Kalau kita menjual produk yang bagus, performance-nya juga bagus dan harganya wajar itu market akan mendesain sendiri untuk bisa jadi top 5," ujar Hero.

"Juga dengan dibantu dengan teman-teman bisnis partner baik dari sisi distribusi ada Erafone, ada rekan-rekan platform online, rekan-rekan operator itu membuat masyarakat untuk bisa mendapatkan Nokia dengan lebih gampang," pungkasnya.



Simak Video "Nokia Rilis Feature Phone 5710 XPressAudio, Ini Spesifikasinya "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT