iPhone 15 Bakal Pakai USB-C, Tapi...

iPhone 15 Bakal Pakai USB-C, Tapi...

ADVERTISEMENT

iPhone 15 Bakal Pakai USB-C, Tapi...

Anggoro Suryo - detikInet
Kamis, 17 Nov 2022 12:50 WIB
iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max
iPhone 14 Pro. Foto: Getty Images
Jakarta -

Apple dipastikan akan memakai USB-C di jajaran iPhone 15 keluaran tahun depan. Namun iPhone 15 dan iPhone 15 Pro bakal memakai port USB-C yang berbeda. Lho kok gitu?

Sebagai informasi, USB-C sebenarnya hanyalah bentuk port. Sementara "isinya" bisa bermacam, dari mulai USB 2.0 sampai Thunderbolt. Nah, inilah perbedaan yang akan terjadi pada iPhone 15 dan iPhone 15 Pro, setidaknya itulah yang dikatakan oleh Ming Chi Kuo, analis sekaligus sumber bocoran untuk produk-produk Apple.

Menurut Kuo, iPhone 15 -- meski menggunakan USB-C -- bakal bertahan dengan standar USB 2.0, atau dengan kata lain punya spesifikasi nyaris sama dengan port Lightning yang saat ini dipakai, baik itu kecepatan transfer data maupun daya listrik yang bisa dialirkan.

Dalam kicauannya di Twitter, Kuo menjelaskan hanya jajaran iPhone 15 Pro dan 15 Pro max yang bakal mendukung standar USB kekinian, setidaknya USB 3.2 atau bahkan Thunderbolt 3.

Jika benar, artinya iPhone 15 Pro bakal punya kecepatan transfer data lewat kabel hingga 40 Gbps. Buat apa? Mungkin untuk pengguna iPhone yang suka merekam video dalam format ProRes atau memotret RAW, keduanya menghasilkan file berukuran besar, dan akan sangat berat untuk ditransfer secara nirkabel.

Apple sebenarnya sudah mulai menerapkan "diskriminasi" seperti ini di jajaran iPad. Yaitu di iPhone generasi ke-10 keluaran 2022 yang meski menggunakan port USB-C namun standar yang dipakai adalah USB 2.0. Berbeda dengan jajaran iPad lain seperti iPad Pro M1 yang memakai standar Thunderbolt 3.

Pada jajaran iPhone 14 pun Apple sudah mulai melakukan "diskriminasi" dalam hal pemakaian system on a chip (SoC). Seperti diketahui, hanya iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang memakai chip A16 Bionic, sementara iPhone 14 dan 14 Plus masih memakai A15 Bionic seperti jajaran iPhone 13, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (17/11/2022).



Simak Video "Giliran India Minta Apple Gunakan USB-C"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT