Produksi iPhone di India Bakal Digeber

Produksi iPhone di India Bakal Digeber

ADVERTISEMENT

Produksi iPhone di India Bakal Digeber

Anggoro Suryo - detikInet
Sabtu, 12 Nov 2022 18:15 WIB
SHENZHEN, CHINA - SEPTEMBER 20: (CHINA OUT) Workers stricken by food poisoning receive treatment at the Peoples Hospital of Longhua on September 20, 2006 in Shenzhen of Guangdong Province, China. In stable condition now about one hundred and eighty workers from Shenzhen Foxconn Group were hospitalized after contracting food poisoning at Foxconn?s factory. Local sanitation and epidemic prevention and disease control departments have taken sample foods for testing. (Photo by China Photos/Getty Images)
Ilustrasi pabrik Foxconn. Foto: Getty Images
Jakarta -

Foxconn berencana melakukan perekrutan pegawai besar-besaran untuk pabrik iPhone di India selama dua tahun ke depan.

Hal ini dilakukan karena produksi iPhone di China terus mengalami gangguan, termasuk gangguan berbagai aturan lockdown yang diterapkan pemerintah China untuk menekan penyebaran COVID-19, demikian dikutip detikINET dari Reuters, Sabtu (12/11/2022).

Kabar terbaru adalah produksi iPhone di pabrik Foxconn yang berlokasi di Zhengzhou terganggu aturan lockdown tersebut. Padahal pabrik Zhengzhou itu adalah pabrik iPhone terbesar di dunia.

Sampai-sampai Apple harus menurunkan perkiraan pengapalan iPhone 14, yang kemudian berdampak pada pemasukan mereka -- yang seharusnya melesat -- selama musim liburan atau akhir tahun 2022 ini.

Untuk itulah Foxconn berencana untuk meningkatkan jumlah pegawainya di India sampai empat kali lipat, yaitu menambah 53 ribu pegawai menjadi 70 ribu selama dua tahun ke depan. Informasi ini berasal dari sumber di pemerintahan India yang tak disebutkan namanya.

Hanya saja, pabrik Foxconn yang ada di Selatan India itu, tepatnya di Tamil Nadu , jauh lebih kecil dari pabrik Foxconn di Zhengzhou yang jumlah pegawainya mencapai 200 ribu. Namun tetap saja pabrik di India tersebut sangat penting untuk mengurangi ketergantungan Apple terhadap pabrik di China.

Pabrik Foxconn di India itu pertama dibuka pada 2019 lalu, dan terus-menerus ditingkatkan kapasitas produksinya. Bahkan untuk tahun 2022 ini pabrik tersebut sudah dipercaya untuk memproduksi iPhone 14 yang belum terlalu lama dirilis. Sebelumnya pabrik tersebut hanya dipercaya untuk memproduksi iPhone generasi lebih lama.

Baik Apple dan Foxconn menolak berkomentar mengenai rumor ini. Namun sebelumnya chairman Liu Young-way menyebut kalau Foxconn akan menyesuaikan kapasitas produksi dan hasilnya, sehingga diharapkan dampak gangguan produksi di China tersebut tidak akan terasa pada musim libur akhir tahun 2022.

Pabrik Foxconn di Tamil Nadu ini juga sebenarnya bukan tanpa cela. Pada 2021 lalu pabrik ini menjadi tenar karena insiden keracunan makanan pegawai Foxconn yang berujung pada aksi demonstrasi, karena kondisi kebersihan dan kesehatan asrama pegawainya disebut mengenaskan.

Sejauh ini, sudah ada tiga rekanan Apple yang memproduksi iPhone di India. Yaitu Foxconn dan Pegatron di Tamil Nadu, dan Wistron di Karnataka.



Simak Video " iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max Bakal Langka?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT