Apple dan Amazon Dituding Bersekongkol Naikan Harga iPhone dan iPad

Apple dan Amazon Dituding Bersekongkol Naikan Harga iPhone dan iPad

ADVERTISEMENT

Apple dan Amazon Dituding Bersekongkol Naikan Harga iPhone dan iPad

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 11 Nov 2022 08:50 WIB
Imbas Kebijakan COVID yang Ketat di China, Apple Akan Memindahkan Produksi iPhone ke India
Apple dan Amazon Dituding Bersekongkol Naikan Harga iPhone dan iPad. Foto: ABC Australia
Jakarta -

Apple dan Amazon dinilai bersekongkol untuk menaikkan harga iPhone dan iPad. Keduanya dituding berupaya menghilangkan penjual pihak ketiga yang sering menyediakan produk Apple dengan harga lebih rendah.

Demikian isi gugatan antimonopoli yang diajukan oleh firma hukum Hagens Berman ke pengadilan Washington. Dalam dokumen gugatan disebutkan kalau Apple dan Amazon memiliki "perjanjian yang melanggar hukum" yang mengurangi "ancaman persaingan yang ditimbulkan oleh pedagang pihak ketiga". Hal tersebut dinilai melanggar undang-undang antimonopoli, hak federal.

Dulu ada sekitar 600 penjual perangkat Apple pihak ketiga di Amazon Marketplace. Jumlah itu turun menjadi hanya tujuh kini, menurut gugatan itu.

Amazon telah mulai menghilangkan penjual pihak ketiga setelah menandatangani perjanjian 2019 dengan Apple untuk membatasi jumlah penjual hingga 20 orang per negara. Sebagai imbalannya, Apple menawarkan Amazon harga grosir yang menarik untuk iPhone dan iPad.

Dengan membatasi penjual pihak ketiga untuk menawarkan produk Apple, Amazon telah menjadikan dirinya sebagai pedagang dominan produk Apple di Marketplace-nya sendiri. Menurut pengugat, hal tersebut menguntungkan Amazon dan Apple namun lain sisi malah merugikan publik.

Pasalnya pengecer pihak ketiga menawarkan harga yang lebih rendah. Hanya saja belum ada informasi apakah terjadi kenaikan harga sebagai akibat dari kesepakatan Apple dan Amazon.



Simak Video "Apple dan Amazon Berencana Lanjut Ngiklan di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT