Salip Apple, YouTuber China Bikin iPhone Layar Lipat Pertama di Dunia

Salip Apple, YouTuber China Bikin iPhone Layar Lipat Pertama di Dunia

ADVERTISEMENT

Salip Apple, YouTuber China Bikin iPhone Layar Lipat Pertama di Dunia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 10 Nov 2022 19:17 WIB
iPhone layar lipat buatan YouTuber China
YouTuber asal China mendahului Apple dan menciptakan iPhone layar lipat pertama di dunia Foto: YouTube/The Aesthetics of Science and Technology
Jakarta -

Apple hingga saat ini belum meluncurkan iPhone layar lipat meskipun sudah ketinggalan jauh dengan kompetitornya. Bahkan Apple sampai disalip oleh YouTuber China yang berhasil membuat iPhone layar lipat duluan.

iPhone layar lipat itu merupakan ciptaan YouTuber dari channel The Aesthetic of Science and Technology (AST). Dalam video berdurasi 17 menit yang diunggah di YouTube, mereka menjelaskan langkah-langkah yang tidak mudah untuk membuat iPhone layar lipat.

iPhone layar lipat ini menggunakan desain clamshell ala Samsung Galaxy Z Flip. Tapi YouTuber tersebut memilih menggunakan rangka dan desain engsel Motorola Razr karena kerutan di layarnya yang lebih kecil.

Selain rangka Motorola Razr, tim AST juga membuat komponennya sendiri yang dibuat menggunakan printer 3D dan layar iPhone X yang dibuat lebih fleksibel. Semua komponen internal iPhone X dipindahkan dan disusun ulang agar bisa muat di dalam rangka Motorola Razr.

Mereka juga memanfaatkan jaikbreak iOS untuk membuat software Apple bisa dijalankan di perangkat tersebut dan menghadirkan fitur ala ponsel layar lipat seperti mode split-screen.

Hasilnya adalah perangkat yang terlihat seperti iPhone X yang dikawinkan dengan Galaxy Z Flip. Ponsel yang diberi nama iPhone V versi 0.1 itu terlihat berfungsi, menjalankan iOS, dan layarnya benar-benar terlipat.

Tapi, iPhone layar lipat versi DIY itu tentu tidak sempurna. Layarnya tidak bisa tertutup sempurna dan terdapat area kosong yang cukup besar saat layar ponsel dilipat.

Tim AST juga harus mengorbankan beberapa komponen internal untuk menghemat tempat. Kapasitas baterainya hanya 1.000 mAh, tidak ada wireless charging MagSafe, dan ponsel hanya memiliki satu speaker, seperti dikutip dari Engadget, Kamis (10//11/2022).

Ini bukan pertama kalinya engineer memodifikasi iPhone menjadi perangkat yang lebih canggih. Sebelumnya, seorang engineer dan mahasiswa bernama Ken Pillonel menciptakan iPhone dengan USB-C pertama di dunia.

Apple sendiri dikabarkan sedang mengembangkan prototipe iPhone layar lipat. Tapi hingga saat ini belum ada informasi solid tentang wujud iPhone layar lipat yang dirancang Apple atau kapan produk itu akan diluncurkan.

[Gambas:Youtube]

(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT