One UI 5.0 Android 13 Tersedia untuk Galaxy S22 Series di Indonesia

One UI 5.0 Android 13 Tersedia untuk Galaxy S22 Series di Indonesia

ADVERTISEMENT

One UI 5.0 Android 13 Tersedia untuk Galaxy S22 Series di Indonesia

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 02 Nov 2022 07:18 WIB
One UI 5.0
One UI 5.0 Foto: Samsung
Jakarta -

Update One UI 5 berbasis Android 13 sudah tersedia di Galaxy S22, Galaxy S22 Plus dan Galaxy S22 Ultra di Indonesia. Banyak fitur baru yang bisa dicicipi oleh pengguna di Tanah Air.

Untuk update One UI 5.0 di Galaxy S22 series sangatlah mudah. Samsung biasanya memberikan notifikasi ketersediaan update, bila telah muncul tinggal menekannya saja, kemudian mengikuti instruksinya.

Bila notifikasi tersebut belum terlihat, kamu bisa mengeceknya dengan menekan Settings > Software Update. Tekan Download dan Install untuk mengecek ketersediaan software update.

Peningkatan dan Fitur Baru One UI 5.0 di Galaxy S22


1. Desain visual

  • Ikon dan ilustrasi aplikasi baru
    Simbol ikon lebih besar untuk tampilan lebih berani dan lebih mudah dipindai. Gradien latar belakang yang halus dan kontras yang ditingkatkan memberikan nuansa yang lebih segar dan lebih alami. Ilustrasi bantuan baru telah dibuat untuk memberikan tampilan yang konsisten ke semua aplikasi.
  • Belum pernah semulus ini
    Animasi baru dan efek transisi membuat peralihan antar layar terasa lebih alami. Animasi dan umpan balik visual lainnya muncul seketika saat Anda menyentuh layar, membuat interaksi menjadi lebih intuitif. Kecepatan gulir juga telah ditingkatkan untuk membuat pengguliran terasa lebih mulus di seluruh One UI.
  • Warna dan efek keburaman yang ditingkatkan
    Efek buram latar belakang pada panel cepat, Layar depan, dan di seluruh One UI telah ditingkatkan dengan warna yang lebih cerah untuk pengalaman yang lebih jelas dan lebih konsisten. Skema warna aplikasi yang disederhanakan membantu Anda menghindari gangguan dan fokus pada tugas Anda saat ini.

2. Kustomisasi

  • Sesuaikan layar Kunci
    Cukup sentuh dan tahan layar Terkunci untuk mengedit. Apa yang bisa lebih sederhana? Sesuaikan wallpaper, gaya jam, pengaturan notifikasi, dan lainnya, dengan pratinjau langsung, semuanya di satu tempat.
  • Lebih banyak pilihan wallpaper
    Pengaturan wallpaper telah didesain ulang sehingga lebih mudah menemukan wallpaper yang sempurna untuk layar Depan dan layar Kunci Anda. Ada lebih banyak gambar, video, warna, dan filter untuk dipilih daripada sebelumnya.
  • Banyak opsi lainnya untuk palet warna
    Lebih mudah menemukan warna yang tepat untuk Anda. Pilihan hingga 16 tema warna berdasarkan wallpaper Anda serta tema warna prasetel yang dirancang agar tampak hebat.
  • Mudah mengetahui penelepon
    Atur latar belakang panggilan yang berbeda untuk setiap kontak sehingga Anda dapat mudah mengetahui penelepon hanya dengan pandangan sekilas.

3. Mode dan rutinitas

  • Pilih mode berdasarkan aktivitas
    Pilih mode berdasarkan apa yang Anda lakukan, seperti latihan olahraga, bekerja, atau bersantai, lalu pilih apa yang Anda ingin ponsel Anda lakukan di setiap situasi. Misalnya, aktifkan Jangan ganggu saat Anda sedang bersantai atau memutar musik saat Anda mengemudi.
  • Mode waktu tidur sekarang menjadi mode Tidur
    Mode Tidur memungkinkan Anda melakukan otomatisasi pada lebih banyak tindakan saat waktunya tidur, seperti mengaktifkan Mode Gelap dan mengubah mode suara.
  • Lebih mudah menemukan rutinitas prasetel
    Tata letak yang disederhanakan memudahkan untuk menemukan rutinitas yang berguna untuk Anda.
  • Periksa rutinitas berlari dengan cepat
    Rutinitas yang sedang berlari sekarang ditampilkan di bagian atas layar Rutinitas sehingga Anda dapat memahami apa yang terjadi dan membuat perubahan jika perlu.
  • Lebih banyak tindakan dan kondisi lainnya untuk rutinitas
    Mulai rutinitas secara otomatis saat Anda menggunakan mode Pesawat atau Hotspot Seluler. Rutinitas sekarang dapat membuka pasangan aplikasi dan menyesuaikan keseimbangan suara kiri/kanan.

4. Widget layar depan

  • Tumpuk widget di layar Depan
    Gabungkan beberapa widget dengan ukuran yang sama menjadi satu widget untuk menghemat ruang di layar Depan Anda. Cukup seret widget ke widget lain untuk membuat tumpukan, lalu geser untuk beralih antar widget. Anda dapat menambahkan lebih banyak widget ke tumpukan Anda kapan saja dengan melakukan seret dan letakkan.
  • Dapatkan saran di layar Depan
    Widget Saran cerdas yang baru mengetahui apa yang Anda butuhkan sebelum melakukannya. Ini menyarankan aplikasi untuk digunakan, orang untuk menelepon, dan tip berguna lainnya. Saran didasarkan pada pola penggunaan Anda.

5. Multitasking

  • Ubah tampilan Anda dengan gestur
    Beralih dari layar penuh ke tampilan layar terpisah dengan menggeser dari bagian bawah layar ke atas menggunakan dua jari. Beralih dari layar penuh ke tampilan pop-up dengan menggeser dari setiap pojok di bagian atas layar ke dalam menggunakan satu jari. Gestur dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dalam Pengaturan.
  • Buka aplikasi di layar terpisah dengan cepat
    Cukup seret aplikasi dari layar Terbaru ke sisi layar untuk membukanya.

6. Perangkat yang terhubung

  • Lakukan lebih banyak dengan perangkat Anda yang terhubung
    Menu Perangkat yang terhubung telah ditambahkan pada Pengaturan, sehingga lebih cepat dan lebih mudah mengakses fitur yang bekerja dengan beberapa perangkat lain, seperti Quick Share, Smart View, dan Samsung DeX.
  • Sembunyikan notifikasi di TV Anda
    Saat melihat konten dari ponsel di TV dengan Smart View, Anda dapat memilih untuk menyembunyikan notifikasi di TV untuk mencegah orang lain melihat informasi pribadi Anda.
  • Putar suara dari ponsel di perangkat Chromecast mana pun
    Perangkat Chromecast yang tersedia akan muncul saat Anda mengetuk Output media di panel cepat di ponsel Anda. Cukup ketuk perangkat tempat Anda ingin memutar musik atau konten audio lainnya.

7. Kamera dan Galeri

  • Zoom lebih mudah dengan satu tangan
    Bilah zoom telah dipadatkan sehingga Anda dapat memperbesar atau memperkecil lebih jauh dengan sekali gesekan.
  • Bantuan dengan mode Pro
    Ikon bantuan akan muncul dalam mode video Pro dan Pro. Ketuk ikon untuk mendapatkan tip dan panduan untuk menggunakan berbagai lensa, opsi, dan kontrol.
  • Histogram dalam mode Pro
    Gunakan histogram untuk memeriksa kecerahan setiap nada untuk membantu Anda mendapatkan eksposur yang sempurna.
  • Tambahkan watermark pada gambar
    Secara otomatis menambahkan watermark ke setiap gambar yang berisi tanggal dan waktu pengambilan gambar, nama model ponsel Anda, atau informasi khusus lainnya.
  • Lensa telefoto sekarang didukung dalam mode Makanan
    Ambil bidikan close-up makanan yang lebih baik menggunakan lensa telefoto.
  • Mengubah sekali ambil
    Mode sekali ambil telah disederhanakan dan lebih cepat. Opsi yang lebih sedikit dan waktu rekaman yang lebih pendek membuatnya lebih cepat dan lebih mudah mendapatkan bidikan yang bagus.
  • Pilih filter dengan lebih mudah
    Menu pemilihan filter telah disederhanakan di Kamera, Photo Editor, dan Editor Video. Semua filter tersedia dalam satu daftar, membuatnya lebih mudah menemukan filter yang sempurna untuk gambar atau video Anda.
  • Sesuaikan album di Galeri
    Pilih tampilan album yang muncul secara default dan sembunyikan album yang jarang digunakan agar tidak berantakan. Anda juga dapat menggabungkan album yang memiliki nama yang sama dan membuat album yang secara otomatis diperbarui untuk menyertakan gambar orang-orang yang Anda pilih.
  • Tampilan baru untuk Kisah
    Kisah yang dibuat secara otomatis di Galeri Anda telah diubah dengan tampilan slideshow interaktif. Cukup ketuk atau geser untuk berpindah antara gambar dan video dalam cerita Anda.

8. Editor Foto dan Editor Video

  • Buat stiker dari gambar apa pun
    Buat stiker yang dapat digunakan kembali dari gambar apa pun di galeri Anda. Pilih saja bagian gambar yang ingin Anda gunakan sebagai stiker, maka sesuaikan ketebalan dan warna garis luar.
  • Lebih banyak cara lainnya untuk mengedit GIF
    Anda dapat memangkas dan menyesuaikan rasio animasi GIF untuk menjadikannya ukuran yang tepat. Anda juga dapat menggunakan fitur pengeditan yang sama yang tersedia untuk gambar diam untuk menghias GIF Anda sesuka Anda.
  • Pertahankan efek mode potret bahkan setelah diedit
    Efek mode potret sekarang dipertahankan bahkan setelah memotong atau mengubah filter sehingga Anda dapat menyesuaikan keburaman latar belakang kapan saja.
  • Gambar bentuk yang sempurna pada gambar dan video
    Gunakan alat pen untuk menggambar bentuk seperti lingkaran, segitiga, persegi panjang, atau hati. Pegang jari Anda di layar saat Anda selesai menggambar untuk membuatnya langsung berubah menjadi garis lurus dan sudut yang sempurna.
  • Stiker baru untuk foto dan video
    60 stiker emoji pramuat baru tersedia untuk menghias gambar dan video Anda.

Halaman selanjutnya: Emoji, Privasi sampai Notifikasi >>>



Simak Video "Sederet Rumor soal Samsung Galaxy S22 FE"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT