Rumor iPhone 15 Pro Tidak Akan Punya Tombol Fisik

Rumor iPhone 15 Pro Tidak Akan Punya Tombol Fisik

ADVERTISEMENT

Rumor iPhone 15 Pro Tidak Akan Punya Tombol Fisik

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 30 Okt 2022 09:08 WIB
Jakarta -

iPhone 15 Pro sepertinya akan membawa perubahan desain yang sangat drastis. Rumor terbaru menyebutkan iPhone 15 Pro akan hadir tanpa tombol fisik untuk mengontrol volume dan power.

Rumor ini datang dari Ming-Chi Kuo, analis Apple yang prediksinya sering akurat. Kuo mengatakan tombol volume dan power di iPhone 15 Pro akan digantikan dengan tombol solid-state.

Tombol solid-state sendiri sebenarnya bukan teknologi baru. Tombol sejenis ini sudah digunakan menjadi tombol Home di iPhone 7, iPhone 8, iPhone SE 2, dan iPhone SE 3.

Seperti diketahui, Apple meninggalkan tombol Home fisik pada tahun 2016. Tombol mekanis itu digantikan dengan tombol solid-state yang sesungguhnya tidak memiliki elemen yang bergerak secara fisik.

Pengguna iPhone tetap bisa merasakan sensasi tombol yang ditekan berkat teknologi Taptic Engine, di mana ada motor kecil yang menghasilkan getaran untuk memberikan feedback kepada pengguna saat mereka menekan tombol.

Apple juga menggunakan metode serupa untuk trackpad di Mac, di mana trackpad tidak bergerak secara fisik saat ditekan dan hanya meniru sensasi ditekan berkat getaran kecil.

Kuo mengatakan desain tombol solid-state ini hanya akan tersedia untuk iPhone high-end keluaran tahun 2023. Artinya, tombol ini akan jadi fitur eksklusif untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max/iPhone 15 Ultra, seperti dikutip dari MacRumors, Minggu (30/10/2022).

iPhone 15 Pro series kabarnya akan memiliki dua Taptic Engine tambahan di sisi kiri dan kanan untuk memberikan feedback kepada pengguna. Perubahan ini berarti jumlah Taptic Engine di iPhone akan bertambah dari satu menjadi tiga.

Belum diketahui apakah wujud tombol solid-state ini akan berbeda dengan tombol volume dan power yang digunakan iPhone saat ini. Kuo juga mengatakan ponsel Android kelas flagship juga akan mengikuti desain Apple dan mengadopsi tombol solid-state.

Di akhir utasnya di Twitter, Kuo mengatakan USB-C dan tombol solid-state akan menjadi dua update terbesar untuk iPhone 15. Apple sendiri sudah memastikan akan meluncurkan iPhone dengan USB-C untuk menuruti aturan baru Uni Eropa, tapi mereka tidak memberikan jadwal pastinya.

(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT