iPhone Dipaksa Pakai USB-C, Ini Tanggapan Apple

iPhone Dipaksa Pakai USB-C, Ini Tanggapan Apple

ADVERTISEMENT

iPhone Dipaksa Pakai USB-C, Ini Tanggapan Apple

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 26 Okt 2022 21:45 WIB
iPhone 14 Plus
Apple Pastikan iPhone Akan Pakai USB-C Ikuti Aturan Uni Eropa Foto: Sina Mobile
Jakarta -

Uni Eropa baru saja menyetujui aturan yang mewajibkan semua perangkat elektronik, termasuk ponsel, untuk menggunakan USB-C. Menanggapi aturan tersebut, Apple memastikan iPhone juga akan menggunakan USB-C untuk menuruti regulasi Uni Eropa.

Hal ini disampaikan oleh VP of Worldwide Marketing Apple Greg Joswiak saat berbicara di event WSJ Tech Live Conference bersama VP of Software Engineering Apple Craig Federighi. Joswiak mengatakan Apple tidak punya pilihan lain selain menuruti aturan setempat.

"Kami tidak punya pilihan -- seperti yang kami lakukan di seluruh dunia, [Apple akan] mematuhi undang-undang setempat," kata Joswiak, seperti dikutip dari Cnet, Rabu (26/10/2022).

"Kami pikir akan lebih baik bagi lingkungan dan lebih baik bagi konsumen kami untuk tidak memiliki pemerintah yang terlalu preskriptif," sambungnya.

Saat ditanya oleh jurnalis Wall Street Journal Joanna Stern soal kapan iPhone dengan USB-C akan meluncur, Joswiak menjawab bahwa Uni Eropa yang menentukan waktunya bagi pelanggan di Eropa. Saat ini aturan baru Uni Eropa mewajibkan semua gadget menggunakan USB-C pada musim gugur 2024.

Meski sudah mengonfirmasi akan menaati aturan Uni Eropa, pernyataan Joswiak mengindikasikan bahwa Apple tidak sepenuhnya rela mengganti port Lightning di iPhone dengan USB-C.

Sebelum mengonfirmasi bahwa Apple akan menuruti aturan tersebut, Joswiak menjelaskan bagaimana Apple ingin berjalan sendiri tanpa dipaksa mengadopsi standar baru oleh regulator.

Joswiak juga meyakini Apple sudah berkompromi dengan aturan Uni Eropa dengan menyediakan charger iPhone yang kabelnya bisa dilepas pasang, serta menggunakan kabel USB-C ke Lightning. Joswiak juga berargumen bahwa mengganti port Lightning di iPhone dengan USB-C justru akan menghasilkan lebih banyak sampah elektronik.

Aturan baru ini berlaku untuk semua produsen perangkat elektronik yang menjual produknya di Uni Eropa. Tapi Apple mendapat sorotan ekstra karena masih kukuh menggunakan port Lightning untuk iPhone dan sebelumnya menganggap standarisasi ini akan menghambat inovasi.

Tentu saja Apple sudah mulai mengadopsi USB-C untuk beberapa produk jagoannya, termasuk Mac dan iPad. Menurut beberapa analis, Apple sedang menyiapkan iPhone 15 sebagai iPhone pertama dengan USB-C yang akan diluncurkan tahun depan.



Simak Video "Jokowi Bertolak ke Belgia Hadiri KTT ASEAN-Uni Eropa"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT