Intel Pamer Thunderbolt Terbaru, Bisa Buat Apa?

Intel Pamer Thunderbolt Terbaru, Bisa Buat Apa?

ADVERTISEMENT

Intel Pamer Thunderbolt Terbaru, Bisa Buat Apa?

Anggoro Suryo - detikInet
Sabtu, 22 Okt 2022 06:49 WIB
Intel Thunderbolt
Foto: Dok. Intel
Jakarta -

Intel memamerkan teknologi Thunderbolt generasi selanjutnya, alias penerus Thunderbolt 4. Bisa buat apa saja?

Thunderbolt terbaru itu diklaim Intel punya kemampuan hingga tiga kali lipat dibanding Thunderbolt 4, seperti kecepatan hingga 80Gbps, DisplayPort 2.1, PCIe dua kali lebih kencang, kompatibel dengan kabel Thunderbolt 4 hingga satu meter, mode khusus 120Gbps.

Spesifikasi tersebut mirip dengan apa yang diumumkan oleh USB Promoter Group untuk USB4 versi 2.0. Termasuk mode komunikasi 120Gbps/40Gbps untuk penggunaan video yang intensif, yaitu penggunaan beberapa monitor dengan resolusi dan refresh rate tinggi.

Kemampuan yang diberikan oleh teknologi baru ini mencapai tiga kali lipat kemampuan teknologi yang ada pada saat ini sehingga dapat memenuhi kebutuhan para pembuat konten dan gamer yang terus meningkat. Meski begitu, Intel tetap mempertahankan kompatibilitas Thunderbolt terbaru itu dengan versi Thunderbolt dan USB sebelumnya.

"Intel selalu menjadi pelopor dan pemimpin industri untuk solusi konektivitas kabel, dan Thunderbolt sekarang telah menjadi port yang mainstream pada mobile PC dan terintegrasi ke dalam tiga generasi mobile CPU Intel. Kami senang sekali bisa memimpin industri ke depan dengan Thunderbolt generasi terbaru yang dibangun berbasis spesifikasi USB4 v2, yang dikembangkan ke generasi berikutnya oleh Intel dan para anggota USB Promotor Group lainnya," kata Jason Ziller, General Manager of the Client Connectivity Division Intel, dalam keterangan yang diterima detikINET, Sabtu (22/10/2022)

Kemiripan antara USB4 dan Thunderbolt ini juga diakui Intel, karena mereka memang menyediakan spesifikasi protokol Thunderbolt ke USB Promoter Group pada 2019, yang kemudian menjadi dasar untuk USB4. Jadi, kenapa Intel harus repot-repot membuat standar baru, jika keunggulannya sama dengan USB4 v2?

Dulunya, Thunderbolt punya keunggulan yang jelas dibanding USB, yaitu dukungan sinyal PCIe dan DisplayPort, namun karena sekarang USB4 v2 pun mendukung kedua sinyal tersebut, untuk apa ada Thunderbolt?

Menurut Intel, jawaban dari pertanyaan ini adalah jaminan. Karena spesifikasi USB4 v2 tersebut bersifat opsional. Jadi belum tentu semua port USB4 v2 akan mendukung semua spesifikasi tersebut. Sementara Thunderbolt dipastikan akan mempunyai semua kemampuan tersebut.

"Thunderbolt menjadi standar yang lebih tinggi dan menghadirkan solusi yang paling komplit," jelas Ziller.

Intel berencana menyebar informasi standar terbaru Thunderbolt ini, lengkap dengan namanya pada 2023 mendatang.



Simak Video "Komisi I DPR RI Sayangkan WNI Jadi Agen Intel Asing di Kaltara"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT