Motorola Pamer Konsep HP Gulung, Keren Nggak?

Motorola Pamer Konsep HP Gulung, Keren Nggak?

ADVERTISEMENT

Motorola Pamer Konsep HP Gulung, Keren Nggak?

Anggoro Suryo - detikInet
Rabu, 19 Okt 2022 22:11 WIB
HP Gulung Motorola
Foto: Dok. Motorola
Jakarta -

Ajang Lenovo Tech World 2022 dipakai Motorola untuk memamerkan konsep HP gulungnya, meski hanya dalam bentuk video singkat.

Dlama video tersebut terlihat layar HP gulung itu bisa memanjang ke atas hanya saat tombolnya ditekan, lengkap dengan wallpaper yang mengikuti bentuk layar, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (19/10/2022).

Hanya saja video tersebut hanya menunjukkan bagian depan dari HP, dan desain bagian belakangnya tak ditunjukkan. Tampaknya layar di HP tersebut digulung pada bagian bawahnya.

Lalu HP ini pun masih dalam tahap prototipe, yang tampaknya bisa berfungsi seperlunya. Seperti baterai, koneksi seluler, dan tentunya layar yang bisa menyala. Ukuran layarnya ini punya diagonal 6,5 inch saat terbuka dan sekitar 4 inch saat tertutup.

Selain video demo tersebut, Motorola tak memberikan informasi apa pun soal prototipe HP gulung ini. Tak jelas apakah HP ini nantinya akan dijual ke pasaran atau sekadar percobaan.

HP Gulung MotorolaHP Gulung Motorola Foto: Dok. Motorola

Pasalnya sejauh ini, hanya segelintir pabrikan HP yang memanfaatkan layar OLED yang fleksibel untuk membuat ponsel dengan desain berbeda dari HP pada umumnya. Pemain utamanya tentulah Samsung dengan seri Z Fold dan Z Flip.

HP dengan layar yang bisa digulung pun sebenarnya bukan hal baru, karena LG pernah memamerkan HP konsepnya yang punya layar gulung. Sayangnya sebelum HP tersebut dirilis ke pasaran, LG memutuskan untuk mematikan bisnis ponselnya.

Ada juga Oppo yang memamerkan Oppo X 2021 dengan layar yang bisa digulung pada 2020 lalu. Bedanya dengan HP gulung Motorola tersebut, Oppo memilih untuk menggulung layarnya ke samping, mengubah HP dengan layar 6,7 inch menjadi 7,4 inch.

Oppo X 2021 ini juga pernah dipamerkan di Indonesia di Oppo Gallery pada 17 Maret sampai 25 Maret 2021 lalu.

Adapun OPPO X 2021 didesain dengan 2 ukuran konfigurasi layar OLED yaitu 6,7 inci ketika dilipat dan menjadi 7,4 inci ketika diperluas. Layar dapat beralih di antara konfigurasi ini dengan cara digulung dan ditarik.

Layar tersebut dapat bertahan hingga lebih dari 100.000 retraksi (digulung) dan ekstensi (diperluas) tanpa menimbulkan celah dalam tampilan. Layar dapat diatur ke ukuran yang berbeda dengan mendorong pada tombol samping secara bergantian ke arah atas dan bawah.



Simak Video "Motorola Edge (2022) Resmi Meluncur Secara Global "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT