Fakta Microsoft Office, Software Legendaris yang Dipensiunkan

Fakta Microsoft Office, Software Legendaris yang Dipensiunkan

ADVERTISEMENT

Fakta Microsoft Office, Software Legendaris yang Dipensiunkan

Anggoro Suryo - detikInet
Jumat, 14 Okt 2022 13:15 WIB
Microsoft 365
Foto: Screenshot
Jakarta -

Microsoft mematikan branding atau nama Office untuk kumpulan aplikasi produktivitasnya, dan diubah menjadi Microsoft 365.

Alasan perubahan ini adalah karena kumpulan aplikasi tersebut cakupannya kini meluas, tak sekadar aplikasi produktivitas. Berikut adalah fakta-fakta dan sejarah perkembangan Microsoft Office.

Diawali Word, Excell, dan PowerPoint
Office pertama hadir pada 1 Agustus 1988, dipamerkan oleh Bill Gates di acara Comdex, Las Vegas, Amerika Serikat. Software ini menggunakan nama Office karena dipasarkan sebagai deretan aplikasi untuk dipakai di perkantoran.

Saat pertama dirilis, Office hanya berisi Word, Excel, dan PowerPoint. Namun ke depannya, aplikasi itu terus bertambah. Yaitu Outlook, Acess, dan Publisher, serta tentunya ada penambahan fitur di aplikasi yang sudah ada.

Berubah jadi Office 365
Pada 2017, Microsoft menawarkan layanan baru yang bernama Office 365, yaitu layanan software as a services, yang mengkombinasikan Office, layanan Microsoft, dan sejumlah layanan produktivitas.

Saat Office 365 dirilis, Office konvensional yang tersedia adalah Office 2013. Kemudian Office 365 ini namanya berubah menjadi Microsoft 365, dan semua hal yang sebelumnya menggunakan nama Office diubah menjadi MIcrosoft 365, dimulai dari Office yang berbasis web.

Perubahan itu akan mulai terjadi pada November 2022 mendatang, dan untuk aplikasi Office di Windows, MacOS, iOS, dan Android baru akan diubah pada Januari 2023 mendatang.

Office for Mobile
Jika sebelumnya hanya berfokus pada perangkat PC, pada April 2000 Microsoft Office merambah perangkat Mobile lewat Microsoft Office for Mobile, yang tersedia di Windows 10, Windows 10 Mobile, Windows Phone, iOS, iPadOS, Android, dan ChromeOS.

Layanan utama Office
Jika awalnya hanya ada Word, Excel, dan PowerPoint, kini layanannya sudah sangat meluas. Aplikasi yang kini tersedia antara lain adalah OneNote, Outlook, OneDrive, dan Teams.

Sementara untuk aplikasi yang hanya tersedia di Windows antara lain adalah Publisher, Access, Project, dan Visio. Sementara di Mobile ada Office Lens, Office Mobile, dan Office Remote.

Aplikasi untuk server pun tersedia, yaitu SharePoint, Skype for Business Server, dan Exchange Server.



Simak Video "Microsoft Office Bakal Segera Pensiun"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT