Samsung Rilis Update One UI 5 Mulai Oktober 2022, Ini Fitur Barunya

Samsung Rilis Update One UI 5 Mulai Oktober 2022, Ini Fitur Barunya

ADVERTISEMENT

Samsung Rilis Update One UI 5 Mulai Oktober 2022, Ini Fitur Barunya

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 14 Okt 2022 08:16 WIB
One UI 5
One UI 5 dirilis Oktober 2022. Foto: YouTube/Samsung
Jakarta -

Samsung sudah mulai program beta One UI 5 di Galaxy S22 pada Agustus lalu. Lewat perhelatan Samsung Developer Conference (SDC), raksasa teknologi asal Korea Selatan ini memastikan update sistem operasi terbarunya itu akan dikirim ke pengguna mulai Oktober 2022.

Sally Hyesoon Jeong, Vice President Framework R&D Group, Mobile eXperience Business, mengatakan tim pengembangan perangkat lunak Samsung sedang bekerja keras untuk menghadirkan perangkat One UI 5 yang dimulai dengan seri Galaxy S22 pada akhir bulan ini. Namun, jadwal peluncuran akan bervariasi tergantung pada pasar.

Berbasis Android 13, One UI 5 menghadirkan fitur penyesuaian, keamanan, dan aksesibilitas baru. Update ini menghadirkan pengalaman yang lebih dipersonalisasi dengan Modes dan Routines yang dibuat khusus, dan layar Dynamic Lock yang menampilkan banyak visual di ponsel, Galaxy Watch, dan perangkat One UI 5 lainnya.

Pada acara tersebut, Samsung memamerkan fitur Bixby Text Call yang memungkinkan Bixby Voice menjawab panggilan atas nama pengguna dan berbagi pesan yang diketik dengan penelepon, berbicara dengan lantang seolah-olah pengguna telah menjawab. One UI 5 juga menghadirkan peningkatan konektivitas telepon-ke-PC dan peningkatan multitasking seperti peningkatan Taskbar.

Fitur Baru One UI 5

1. Bixby Text Call

Fitur Bixby Text Call yang baru memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan cara yang paling nyaman bagi mereka. Dengan Bixby Text Call, pengguna dapat menjawab panggilan telepon hanya dengan mengetik pesan.

Bixby Text CallBixby Text Call Foto: Samsung

Platform cerdas Samsung Bixby mengubah teks menjadi audio dan membagikannya langsung dengan penelepon di telepon atas nama pengguna, dan menunjukkan kepada Anda apa yang dikatakan penelepon dengan mengubah suaranya menjadi teks.

Fitur ini sangat cocok ketika pengguna perlu berkomunikasi tetapi tidak selalu dapat didengar, seperti saat di kereta yang sibuk atau di konser yang bising. Dengan fitur ini, Anda dapat menerima panggilan di lingkungan apa pun tanpa mengganggu atau melewatkan apa pun.

2. Routines dan Mode

Dengan Routines, pengguna dapat memicu serangkaian tindakan pada perangkat berdasarkan aktivitas. Dan dengan Mode One UI 5, pengguna dapat membuat pengaturan yang disesuaikan untuk berbagai bagian kehidupan mulai dari tidur dan bersantai hingga berolahraga dan mengemudi.

Misalnya, saat berolahraga, prioritas Anda mungkin adalah membisukan notifikasi agar tetap fokus dan memutar musik. Atau, saat waktunya tidur, mematikan suara dan mengaktifkan mode Gelap dapat membantu lebih santai.

RoutinesRoutines Foto: Samsung

One UI 5 juga menawarkan tampilan dan nuansa baru yang membuat pengalaman pengguna lebih ramah dan mulus. Dari ikon aplikasi yang lebih berani dan sederhana hingga skema warna yang sederhana, Samsung telah memperhatikan detail yang rumit untuk pengalaman seluler yang lebih menarik.

Samsung juga menyempurnakan notifikasi di One UI 5 menjadi lebih intuitif, membuatnya mudah dibaca secara sekilas serta menawarkan tombol jawab dan tolak yang lebih jelas saat menerima panggilan melalui tampilan panggilan pop-up yang didesain ulang.

Notifikasi di One UI 5. Notifikasi di One UI 5. Foto: Samsung

One UI 5 menghadirkan Wallpaper Video dari aplikasi Lockstar of Good Lock, langsung ke layar kunci. Hanya dengan beberapa ketukan, pengguna dapat memotong video untuk mengubah momen paling berkesan untuk ditampilkan di layar kunci. Agar terasa lebih personal, pengguna dapat mengubah wallpaper, gaya jam, dan pop-up notifikasi, semuanya dari satu layar.

Wallpaper One UI 5.Wallpaper One UI 5. Foto: Samsung

Selanjutnya Widget

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT