Siap-siap, iPhone Akan Dipaksa Pakai USB-C Tahun 2024

ADVERTISEMENT

Siap-siap, iPhone Akan Dipaksa Pakai USB-C Tahun 2024

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 05 Okt 2022 18:15 WIB
USB TYPE-C
Siap-siap, iPhone Akan Dipaksa Pakai USB-C Tahun 2024 Foto: 20Detik
Jakarta -

Uni Eropa selangkah lagi akan mewajibkan USB-C sebagai port standar untuk berbagai macam gadget, termasuk ponsel. Apple pun bisa dipaksa untuk memasang USB-C di iPhone menggantikan port Lightning.

Parlemen Eropa baru saja menyetujui undang-undang baru yang mewajibkan perangkat elektronik untuk menggunakan satu jenis charger. 602 anggota Parlemen Eropa memilih 'ya' dan hanya 13 yang memilih 'tidak'.

Lewat aturan baru ini, semua perangkat elektronik yang dijual di Uni Eropa, termasuk ponsel, tablet, kamera, keyboard, dan lain-lain, wajib menggunakan USB-C pada akhir tahun 2024. Sedangkan laptop juga harus mengadopsi port USB-C untuk charger pada musim panas tahun 2026.

Uni Eropa sebenarnya sudah membahas rencana ini selama satu dekade. Komisi Eropa pertama kali menyetujui proposal ini pada bulan Juni, diikuti dengan Parlemen Eropa yang memberikan lampu hijau. Sekarang tinggal menunggu keputusan akhir dari Dewan Eropa sebelum mandat ini resmi menjadi undang-undang.

Komisi Eropa mengatakan kebijakan ini akan memangkas 11.000 ton sampah elektronik setiap tahunnya, dan membantu konsumen menghemat 250.000 Euro tiap tahunnya karena tidak harus membeli kabel dan charging port baru, seperti dikutip dari Gizmodo, Rabu (5/10/2022).

Keputusan ini juga akan menjadi mimpi buruk bagi Apple yang masih mempertahankan port Lightning untuk iPhone. Tahun lalu saat kebijakan ini masih sebatas wacana, Apple mengatakan kebijakan seperti ini akan menghambat inovasi.

Karena undang-undang ini akan berlaku pada akhir tahun 2024, kemungkinan iPhone 16 akan menggunakan USB-C. Tapi beberapa analis mengatakan iPhone 15 yang rilis tahun depan akan menjadi iPhone pertama yang mengusung USB-C.

Apple sebenarnya sudah mengadopsi USB-C untuk beberapa perangkatnya. Saat ini ada beberapa varian iPad baru dan MacBook Pro yang mendukung charger dengan port USB-C.



Simak Video "Giliran India Minta Apple Gunakan USB-C"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT