5 Fitur Unggulan Monitor Gaming Samsung Odyssey Ark

ADVERTISEMENT

5 Fitur Unggulan Monitor Gaming Samsung Odyssey Ark

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 04 Okt 2022 13:38 WIB
Samsung Odyssey Ark
5 Fitur Unggulan Monitor Gaming Samsung Odyssey Ark (Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET)
Jakarta -

Samsung belum lama ini meluncurkan monitor gaming terbarunya yang diberi nama Odyssey Ark. Monitor gaming ini hadir dengan layar besar 55 inch desain melengkung yang unik.

Tidak hanya layar yang besar lho. Dihimpun detikINET Selasa (4/10/2022) berikut lima fitur unggulan monitor gaming Samsung Odyssey Ark yang dibanderol Rp 42.999.000:

Layar besar melengkung

Daya tarik utama Samsung Odyssey Ark tentu layarnya yang besar dengan desain melengkung. Layar berukuran 55 inch ini memiliki tingkat kelengkungan hingga 1000R.

"Jadi 1000R itu berarti radiusnya adalah 1000 mm alias satu meter. Semakin kecil angka R-nya itu berati semakin melengkung juga layarnya," kata Monitor Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia Ivan Adiwibowo.

"Jadi ini untuk memaksimalkan pengalaman kita saat main game jadi lebih immersive karena layarnya melengkung tidak flat atau memberikan efek cinematic screen yang lebih maksimal sehingga membuat Odyssey Ark ini sebagai personal gaming theater," sambungnya.

Layar melengkung di Samsung Odyssey Ark memiliki resolusi 4K (3.840 x 2.160 pixel) dengan refresh rate 165Hz. Layar ini juga memiliki response time 1ms dengan AMD FreeSync Premium Pro yang memaksimalkan akurasi di layar.

Samsung Odyssey Ark sendiri menggunakan panel Quantum Mini LED yang mengandalkan Quantum Matrix Technology. Gambar yang ditampilkan juga lebih akurat berkat pemrosesan 14-bit, termasuk 16.384 level warna hitam untuk grafik yang ultra realistis.

Pengalaman sinematik

Dengan layar melengkung berukuran jumbo, Samsung Odyssey Ark menjanjikan pengalaman sinematik yang superior. Monitor ini memanfaatkan Matte Display yang memberikan perlindungan anti-silau dan anti-pantulan baik di dalam ruangan yang terang atau di malam hari.

Layar Samsung Odyssey Ark juga bisa diputar menggunakan height adjustable stand (HAS). Jadi Samsung Odyssey Ark bisa digunakan secara horizontal atau ditinggikan dan diputar 90 derajat menjadi panel vertikal.

Untuk mendukung pengalaman gaming dan multimedia yang mumpuni, Samsung melengkapi Odyssey Ark dengan Sound Dome Tech yang mendukung AI Sound Booster dan Dolby Atmos. Tersedia juga empat speaker di masing-masing sudut dan dua woofer sentral untuk menghasilkan suara yang menggelegar.

Kontrol Ark Dial

Keunggulan Samsung Odyssey Ark lainnya adalah kontroler Ark Dial. Kontroler ini bisa digunakan untuk mengubah berbagai pengaturan termasuk mengubah ukuran dan posisi layar serta mengganti rasio layar sesuai keinginan.

Menariknya, kontroler Ark Dial dilengkapi dengan panel surya sehingga baterainya bisa diisi ulang tanpa listrik. Tapi Samsung tetap menyediakan konsek USB Type-C untuk memudahkan pengisian ulang.

Samsung Odyssey ArkMengatur Samsung Odyssey Ark dengan Ark Dial Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Multi View

Dengan layar 55 inch, Samsung Odyssey Ark bisa digunakan untuk menampilkan beberapa jendela sekaligus dalam satu layar. Jadi pengguna tidak perlu repot-repot memasang monitor kedua.

Dengan fitur multi-vide, Samsung Odyssey Ark bisa menampilkan hingga empat jendela sekaligus dalam mode horizontal. Sedangkan dalam mode vertikal Samsung Odyssey Ark bisa menampilkan hingga tiga jendela sekaligus yang masing-masing berukuran 27 inch.

Game Bar

Sebagai monitor gaming, Samsung Odysey Ark tentu dilengkapi dengan fitur pendukung khusus untuk gaming. Itulah fungsi dari fitur Gaming Bar yang bisa diakses menggunakan kontroler Ark Dial.

Dengan fitur ini, pgamer bisa melihat status game mereka dengan cepat sekaligus mengontrol pengaturan tanpa harus meninggalkan game. Berbagai settings yang bisa diatur antara lain frames per second (FPS), high dynamic range (HDR), variable refresh rate (VRR), rasio layar, waktu respons, dan mode Game Picture.



Simak Video "Samsung Luncurkan Platform Game Cloud untuk TV"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT