Fitbit Rilis 3 Smartwatch Keren Terbaru, Ini Spesifikasinya!

Fitbit Rilis 3 Smartwatch Keren Terbaru, Ini Spesifikasinya!

ADVERTISEMENT

Fitbit Rilis 3 Smartwatch Keren Terbaru, Ini Spesifikasinya!

Sponsored - detikInet
Senin, 26 Sep 2022 16:55 WIB
Fitbit
Foto: Fitbit
Jakarta -

Perusahaan kebugaran dan elektronik asal Amerika, Fitbit, kembali merilis lini produk smartwatch alias tracker terbarunya. Wearable Device sekarang memang sedang booming, karena alat ini tidak hanya bisa mencatat langkah kaki Anda.

Teknologinya yang semakin disempurnakan melanjutkan warisan pendahulunya dapat memantau stres melalui aktivitas elektrodermal, atau EDA dari detak jantung, serta mampu mencatat pola olahraga, pola tidur, detak jantung atau heart rate, perhitungan pembakaran kalori, dan lain sebagainya.

Fitbit yang kini sudah diakuisisi oleh perusahaan besar yaitu Google pada tahun 2021, siap menyapa kembali para penggemarnya lewat ketiga perangkat terbarunya. Yaitu Fitbit Sense 2, Inspire 3, dan Versa 4. Lantas, seperti apa smartwatch kesehatan paling kekinian ini dan apa saja kelebihannya? Langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Fitbit Sense 2

Fitbit Sense 2 adalah peningkatan dari Fitbit Sense yang dapat dinikmati karena aplikasinya yang baik dan ramah pengguna. Serta jarak dan data latihan berbasis GPS yang akurat dikarenakan sudah ditanamkan GPS di dalam Fitbit Sense 2.

Fitbit Sense 2 yang bertajuk 'Improve your overall health and wellbeing with a focus on stress management and sleep' ini digadang-gadang sebagai tracker paling mutakhir yang dimiliki Fitbit. Wearable yang satu ini didesain secara khusus untuk melakukan tracking pada tingkat stres atau stress management selama 24 jam dengan adanya cEDA tanpa perlu membuka pilihan EDA di smartwatch Fitbit. cEDA akan selalu running melalui sensor terbaru nya. Ini tentu lebih canggih dari handseat manapun yang pernah ada.

EDA (Elektrodermal) adalah salah satu metode terbaik digunakan untuk pengukuran real-time dan secara linier berhubungan dengan gairah, yang telah terjadi banyak digunakan dalam deteksi stres dan emosi. Selain itu, EDA juga dapat digunakan sebagai file indeks pemeriksaan langsung untuk mengetahui pengaruh stres terhadap fungsi tubuh.

Fitbit terus meningkatkan kemampuannya melalui Fitbit Sense 2 yang mampu membantu penggunanya merefleksikan stres yang mereka hadapi setiap hari. Reaktivitas adalah daya tarik utama Sense 2, yang mana alat ini akan mendorong Anda untuk merefleksikan stres pada saat Anda mengalaminya.

Untuk melakukan itu, smartwatch ini perlu menilai secara luas kondisi tubuh Anda secara real-time, meski Anda tidak menyadari sepenuhnya. Secara tampilan, Fitbit Sense 2 10% lebih tipis dan 15% lebih ringan dari pendahulunya, yaitu Sense.

Smartwatch ini sudah di-upgrade dengan dilengkapi dengan tombol fisik di tepi kirinya. Sementara versi lamanya yaitu Sense tidak memiliki tombol kapasitif dengan feedback vibrasi.

Fitbit menyatakan bahwa smartwatch Sense 2 baterainya tahan selama 6 hari. Tapi itu tergantung pada penggunaan dan fitur yang sedang Anda jalankan. Pada saat rilis Sense 2 ini dibekali dengan 3 pilihan warna, yaitu Black Graphite, Lunar White dan Blue Mist.

Fitbit Inspire 3

Tracker entry level ini juga menjadi opsi yang menarik untuk melacak kebugaran Anda. Desainnya sepenuhnya berbeda dengan varian lain, dan lebih terinspirasi Fitbit Luxe. Fitbit Inspire 3 memiliki desain pebble yang lebih membulat, alih-alih mendatar seperti yang lainnya.

Desain ini bisa dilepas dari talinya untuk dipakaikan ke wristband, atau cukup dikaitkan ke baju. Wearable ini dilengkapi dengan tombol capsense dan layar sentuh Gorilla Glass 124 x 206px serta casing yang terbuat dari plastik terbaik, sehingga Fitbit Inspire 3 ini sangat ringan untuk dipakai berolahraga.

Fitbit Inspire 3 memiliki banyak perbaikan dari fitur pendahulunya. Salah satunya yang menjadi pembeda yaitu dari segi layar. Pendahulunya yaitu Fitbit Inspire 2 masih menerapkan layar yang hitam putih atau monokrom, sedangkan saat ini Fitbit Inspire 3 sudah menggunakan AMOLED Color Screen. Fitbit Inspire 3 ini dapat mendeteksi semua gerakan Anda, secara otomatis melacak Active Zone Minutes, kalori yang terbakar, jarak, detak jantung, dan langkah kaki Anda sebagaimana dijelaskan Fitbit melalui website resminya.

Fitbit Inspire juga akan mengingatkan Anda untuk terus bergerak sepanjang hari. Ketika Anda sedang berolahraga, Inspire 3 akan menunjukkan di layarnya kapan Anda berada di zona pembakaran lemak, kardio, atau peak zone. Tingkat saturasi oksigen atau SpO2 Anda juga akan dipantau, yang bisa membantu Anda pulih secara lebih efisien.

Baterai 78 mAh yang dimilikinya tahan selama 10 hari. Jadi Anda bisa menggunakannya seharian untuk olahraga atau tidur sepanjang hari. Aplikasi Fitbit akan mencatat skor manajemen tidur dan stres Anda serta menilai seberapa siap Anda untuk melakukan olahraga yang lebih berat dan menantang. Inspire 3 ini di bekali dengan 3 pilihan warna, yaitu Black Midnight Zen, Black Morning Glow dan Lila.

Fitbit Versa 4

Kemudian yang terakhir ada Fitbit Versa 4, yang dirilis bersamaan dengan Fitbit Sense 2 dan Fitbit Inspire 3 pada September 2022. Desain Fitbit Versa 4 menarik karena menghadirkan kembali tombol taktil yang pernah ada di Versa 2.

Secara penampilan, Versa 4 mirip dengan Sense 2, tapi memiliki fungsi yang berbeda. Versa 4 lebih fokus pada kebugaran, sedangkan Sense 2 lebih pada kesehatan diri secara keseluruhan.

Fitbit Versa 4 menggunakan layar AMOLED 336 x 336 px, sama seperti Sense 2 dengan desain squircle khas Fitbit. Tombol virtual seperti pada model sebelumnya digantikan dengan tombol taktil. Bodinya lebih slim 10% dan 15% lebih ringan, sehingga lebih nyaman untuk dikenakan di pergelangan tangan Anda dibanding tipe sebelumnya, yaitu Versa 3.

Untuk dari segi baterainya Fitbit mengklaim Versa 4 dapat bertahan selama 6 hari sama dengan Fitbit Sense 2. Tentu dari segi baterai Fitbit merajai dari smartwatch lainnya. Tali silikon quick-release nya yang mudah dilepas-pakai serta berbahan silikon premium yang tidak membuat gatal pengguna. Meskipun Tali Silikon bawaannya sudah Premium, Fitbit menyediakan pilihan yang lebih trendy dan sporty lagi yang akan segera tersedia.

Fitur 'Daily Readiness' dan 'Sleep Profile' yang lebih lengkap dalam Fitbit Premium sudah ditawarkan pada 6 bulan pemakaian awal. Dan Versa 4 mampu mendeteksi suhu kulit, melacak kesehatan menstruasi, manajemen stres, melacak kadar oksigen darah Spo2 pada saat anda tertidur, dan segudang fungsi penting lainnya.

FitbitFoto: Fitbit

Ketiga produk terbaru Fitbit ini masuk dalam kategori 'Lineup Musim Gugur' dan siap menyapa para penggemarnya di bulan September. Sementara di Indonesia, semua produk terbaru Fitbit ini akan launching di minggu pertama bulan Oktober 2022.

Anda dapat membelinya di seluruh official store Fitbit di Indonesia. Namun ada beberapa catatan penting untuk sementara ini. Fitur-fitur tambahan seperti Google Pay, Fitbit Pay, dan ECG/EKG yang berfungsi untuk mengukur dan merekam aktivitas aliran listrik pada jantung sementara belum tersedia di market indonesia, dan masih menunggu update dari pihak Google dan Fitbit, tetapi ini semua akan segera hadir di Indonesia.

Jadikan smartwatch dan tracker Fitbit ini sahabat Anda dalam menjalani gaya hidup sehat setiap harinya. Pilih tracker yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda serta nikmati kehidupan yang lebih bugar dan fresh bersama Fitbit.

(Content Promotion/Fitbit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT