Cara Multitasking Pakai Fitur Taskbar di Galaxy Z Fold 4

ADVERTISEMENT

Cara Multitasking Pakai Fitur Taskbar di Galaxy Z Fold 4

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 26 Sep 2022 19:00 WIB
Samsung Galaxy Z Fold 4
Cara Multitasking Pakai Fitur Taskbar di Galaxy Z Fold 4. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Tak hanya memberikan kesan soal lipat melipat, melalui Galaxy Z Fold 4 ini, Samsung ingin memberikan pengalaman multitasking yang dapat mendukung produktivitas penggunanya dengan kehadiran fitur Taskbar yang tidak ada di Galaxy Z Fold 3.

Mengenal Taskbar di Fold 4

Fitur taskbar ini menawarkan layout Fold 4 menjadi layaknya PC yang akan memudahkan pengguna untuk akses langsung ke aplikasi favorit dan aplikasi yang digunakan.

Untuk menjadi informasi, penggunaan taskbar ini hanya bisa tersedia dan dipakai pada layar utama (main screen), bukan pada cover screen. Dengan bentang layar 7,6 inci ditunjang taskbar, kemampuan multitasking dengan mudah mengakomodir kebutuhan sang empunya tentunya.

Taskbar ini ada di bagian bawah layar utama. Saat kalian membuka lipatan Galaxy Z Fold 4, taskbar tersebut tidak langsung muncul. Kalian perlu membuka aplikasi terlebih dahulu, baik itu mesin pencarian, email, maupun lainnya, maka taskbar muncul secara otomatis.

Samsung Galaxy Z Fold 4Fitur taskbar di Samsung Galaxy Z Fold 4 Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Dalam deretan taskbar di Galaxy Z Fold 4, di bagian paling kiri ada tombol yang akan mengarahkan kalian ke menu utama. Lalu di sampingnya secara berderet berbagai aplikasi ditampilkan, mulai dari menu telepon, SMS, browser, catatan, galeri, dan kamera.

Setelah itu bergeser di samping kanannya, taskbar akan memunculkan aplikasi yang sedang dibuka atau yang sudah tertutup sebelumnya. Sedangkan bagian paling kiri taskbar, ada tombol kembali, home dan tab.

Saat kalian mengakses sebuah aplikasi, fitur taskbar ini bisa tetap muncul, juga bisa menghilang. Nah, ketika menghilang ini, kalian tidak perlu khawatir, karena tinggal usap bagian bawah layar ponsel, nanti langsung muncul taskbarnya.

Cara Mengaktifkan Multi Window Samsung

Namun sebelum dapat menggunakan fitur taskbar dengan leluasa yang kemudian dipadu multi window, kalian harus terlebih dahulu mengaktifkan multi window Samsung yang ada di pengaturan atau setting. Caranya terbilang sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

- Pilih "settings"
- Setelah itu detikers pilih "Advanced features"
- Tekan pada bagian "Labs" dan aktifkan "Multi window for all apps" dengan menggesar tombolnya.

Cara multitasking dengan fitur taskbar di Samsung Galaxy Z Fold 4Cara mengaktifkan fitur multi window di Samsung Galaxy Z Fold 4 Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Cara Multitasking Pakai Taskbar di Galaxy Z Fold 4

Fitur taskbar di Fold 4 tak hanya berperan untuk mempermudah navigasi atau perpindahan satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Tetapi juga bisa membuka sampai tiga layar secara bersamaan di satu layar Galaxy Z Fold 4.

1. Buka lipatan menuju layar utama Fold 4.

Cara multitasking dengan fitur taskbar di Samsung Galaxy Z Fold 4Cara multitasking dengan fitur taskbar di Samsung Galaxy Z Fold 4 Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

2. Setelah itu, buka aplikasi yang ingin kalian gunakan. Misalnya, membuka aplikasi detikcom

Cara multitasking pakai fitur taskbar di Samsung Galaxy Z Fold 4Cara multitasking pakai fitur taskbar di Samsung Galaxy Z Fold 4 Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

3. Kemudian detikers drag aplikasi lain yang ingin ditampilkan juga di layar utama Fold 4, seperti aplikasi Instagram yang ada di taskbar.

Cara multitasking pakai fitur taskbar di Samsung Galaxy Z Fold 4.Cara multitasking pakai fitur taskbar di Samsung Galaxy Z Fold 4. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET


4. Tak hanya dua layar, kalian juga bisa menambahkan sampai tiga aplikasi dibuka bersamaan di layar utama Fold 4.

Cara multitasking dengan fitur taskbar di Samsung Galaxy Z Fold 4Cara multitasking dengan fitur taskbar di Samsung Galaxy Z Fold 4 Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

5. Kalian juga bisa mengatur ukuran layar yang ingin diperbesar dengan tinggal menggeser layar aplikasi yang akan dibesarkan.

Cara multitasking dengan fitur taskbar di Samsung Galaxy Z Fold 4Cara multitasking dengan fitur taskbar di Samsung Galaxy Z Fold 4 Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Proses pengoperasian taskbar di Galaxy Z Fold 4 ini semakin mulus berkat chipset flagship terbaru dari Qualcomm yakni Snapdragon 8 Gen+ 1. Chipset baru ini tentu akan membawa peningkatan performa yang signifikan jika dibandingkan dengan chipset Snapdragon 888 yang digunakan Fold 3.

Dapur pacu Galaxy Z Fold 4 dipadukan dengan RAM LPDDR5 12GB. Selain itu, untuk pertama kalinya Samsung menghadirkan Galaxy Z Fold 4 dengan memori internal hingga 1TB.

Kinerja Galaxy Z Fold 4 didukung baterai 4.400 mAh dengan pengisian cepat 25W, masih sama seperti pendahulunya. Tapi Samsung meningkatkan kemampuan wireless charging-nya dari 10W menjadi 15W.



Simak Video "Menggenggam Galaxy Z Fold 4"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT