Kamera iPhone 14 Pro Bergetar, Apple Akhirnya Kasih Solusinya

ADVERTISEMENT

Kamera iPhone 14 Pro Bergetar, Apple Akhirnya Kasih Solusinya

Anggoro Suryo - detikInet
Jumat, 23 Sep 2022 20:10 WIB
iOS 16.0.2
iOS 16.0.2 Dirilis untuk Perbaiki Masalah iPhone 14 Pro. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Beberapa hari setelah Apple merilis iOS 16, kini mereka merilis iOS 16.0.2 untuk memperbaiki masalah besar di iPhone 14 dan iPhone 14 Pro.

Masalah yang dimaksud adalah getaran di kamera saat dua ponsel baru Apple tersebut mengakses aplikasi pihak ketiga, seperti TikTok dan Instagram hingga menuai keluhan dari sebagian user. Tak cuma itu, berdasarkan laman Apple Support, notifikasi copy paste pun diperbaiki di pembaruan ini.

Sebelumnya, iOS akan menampilkan notifikasi setiap pengguna melakukan copy paste, yaitu untuk mengizinkan aplikasi yang akan dipakai untuk melakukan paste, bahkan untuk aplikasi bawaan iPhone.

Lalu Apple juga memperbaiki masalah layar yang tak responsif di beberapa iPhone lama seperti iPhone X, iPhone XR, dan iPhone 11 setelah diperbaiki, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (23/9/2022).

Menurut The Apple Store Down, pembaruan ini tersedia untuk semua iPhone dari iPhone 8 dan iPhone X sampai semua lini iPhone 14 terbaru.

Sebelumnya diberitakan, kini keluarga iPhone 14 seperti iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max sudah mendapat sertifikat TKDN.

Dari pantauan detikINET di situs TKDN milik Kemenperin, pada tanggal 22 September ada sebuah sertifikat yang diterbitkan untuk PT. Apple Indonesia dan di dalamnya ada 10 iPhone yang terdaftar.

Empat dari 10 iPhone tersebut berasal dari seri iPhone 14 dengan nomor model A2894 (iPhone 14 Pro Max), A2890 (iPhone 14 Pro), A2886 (iPhone 14 Plus), dan A2882 (iPhone 14). Semua perangkat iPhone ini lolos dengan nilai TKDN sebesar 35%.

Sertifikat TKDN adalah satu dari dua syarat yang harus dipenuhi oleh perangkat dengan koneksi 4G untuk bisa dijual secara resmi di Indonesia. Syarat keduanya adalah sertifikat dari Ditjen SDPPI (Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika) Kominfo.

Namun dari pantauan detikINET di situs milik Ditjen SDPPI, belum ada sertifikat yang terdaftar untuk perangkat-perangkat iPhone 14 tersebut.



Simak Video "Meski Dinilai Mahal, iPhone 14 Pro Paling Banyak Dipesan"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT