Keren, Laptop Chromebook Ini Bisa Upgrade Komponen

ADVERTISEMENT

Keren, Laptop Chromebook Ini Bisa Upgrade Komponen

Anggoro Suryo - detikInet
Jumat, 23 Sep 2022 09:45 WIB
Framework Chromebook
Framework Laptop Chromebook Edition. Foto: Dok. Framework
Jakarta -

Google dan Framework memamerkan sebuah produk baru bernama Framework Laptop Chromebook Edition, sebuah Chromebook yang bisa diupgrade komponennya.

Framework dikenal sebagai perusahaan pembuat laptop yang bisa dikustomisasi dan diupgrade. Kini mereka pun merambah Chromebook, tentu dengan keunggulan yang sama, yaitu bisa diupgrade komponennya.

Produk ini unik, karena saat ini tampaknya belum ada Chromebook yang komponennya bisa diupgrade. Bahkan untuk laptop pun, tak banyak pabrikan yang menawarkan kustomisasi dan opsi upgrade layaknya produk buatan Framework.

Tak diketahui apakah Chromebook Framework ini bakal punya opsi sebanyak laptop Windows buatan Framework dalam hal kustomisasi, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (30/9/2022).

Namun yang jelas, Chromebook ini punya sistem kartu ekspansi yang sama seperti laptop Windows Framework. Artinya pengguna bisa memilih port apa saja yang diinginkan, termasuk lokasi port tersebut.

Misalnya, pengguna bisa memilih antara USB-C, USB-A, microSD, HDMI, DisplayPort, Ethernet, opsi storage kencang, dan lain sebagainya. Pengguna juga tentu bisa meningkatkan kapasitas RAM dan storage Chromebook ini, meski kemungkinan pilihannya tak sebanyak laptop Windows.

Bahkan, bezel atau pinggiran layar di Chromebook ini pun bisa diganti-ganti, karena terpasang ke rangka menggunakan magnet. Pengguna bisa memilih bezel berbagai warna yang tersedia, dan akan mudah untuk dilepas-pasang.

Tampaknya untuk kemampuan upgrade komponen akan sangat bergantung pada dukungan ChromeOS, di mana pilihannya tentu tak akan sebanyak Windows.

Soal spesifikasi dasar, Chromebook ini punya layar 3:2 2256 x 1504 pixel, bobot 1,3kg, dan prosesor Intel gen 5 Core i5-1240P. Pada versi Windows prosesor ini bisa diupgrade, namun pada Chromebook belum diketahui apakah prosesornya juga bisa diupgrade.

Dengan komponen yang bisa diupgrade ini, semestinya masa hidup Chromebook seharga USD 999 ini bakal lebih lama. Framework pun menjanjikan kalau Google bakal mendukung Framework Chromebook Editions selama minimal delapan tahun.



Simak Video "Menperin Luncurkan Chromebook Produksi TSM Karya Anak Bangsa"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT