Fitur iOS 16 Ini Tidak Tersedia di iPhone Jadul

ADVERTISEMENT

Fitur iOS 16 Ini Tidak Tersedia di iPhone Jadul

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 13 Sep 2022 10:44 WIB
iOS 16
iOS 16. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X masih menerima update iOS 16. Tapi banyak fitur baru yang tidak bisa dinikmati oleh deretan iPhone jadul tersebut.

Sebab fitur baru iOS 16 ini hanya bisa dijalankan perangkat yang ditenagai chip Apple A12 Bionic atau lebih baru. Itu artinya hanyaiPhone XR, iPhone XS, iPhone 11, iPhone 11 Pro/Pro Max, iPhone SE (generasi ke-2 dan ke-3), iPhone 12/12 mini, iPhone 12 Pro/Pro Max, iPhone 13/13 mini, iPhone 13 Pro/Pro Max dan tentu saja iPhone 14/14 Plus dan iPhon3 14 Pro/Pro Max.

Fitur iOS 16 yang Tidak Tersedia di iPhone Jadul

1. Live Text dalam Video

Live Text memungkinkan pengguna menggunakan kamera untuk mengenali teks dari foto dan menyalinnya. Dengan pembaruan iOS 16, Apple menghadirkan Live Text ke Video.

Pengguna dapat menjeda video untuk menyalin teks. Live Text berfungsi pada aplikasi Photo, Safari, dan lainnya. Namun saat ini hanya terbatas pada bahasa Cina, Inggris, Prancis, Italia, Jerman, Korea, Jepang, Portugis, Ukraina, dan Spanyol.

2. Emoji di Teks Lewat Siri

Kamu dapat menyisipkan emoji saat mengirim pesan menggunakan Siri. Fitur ini tersedia dalam bahasa Kanton (Hong Kong), Inggris (Australia, Kanada, India, Inggris, AS), Prancis (Prancis), Jerman (Jerman), Jepang (Jepang), Mandarin (Cina, Taiwan) dan Spanyol (Meksiko, Spanyol, AS).

3. Discover Siri

Buka aplikasi dan tanyakan, "Hai Siri, apa yang bisa saya lakukan di sini?" atau dapat bertanya tentang aplikasi tertentu seperti "Hai Siri, apa yang dapat saya lakukan dengan iRobot?" Fitur ini mendukung bahasa Jerman (Jerman), Inggris (Australia, Kanada, India, Inggris, AS), Spanyol (Meksiko, Spanyol, AS), Prancis (Prancis), Edisi Jepang (Jepang), Mandarin (Cina), dan Kanton (Hong Kong).

4. Dictation

Di iOS 16, Apple telah mengumumkan beberapa pembaruan besar untuk Dictation tetapi terbatas pada iPhone yang berjalan dengan chipset A12 dan lebih tinggi. Fitur Dictation yang diperbarui akan memungkinkan pengguna dengan cepat berpindah antara perintah sentuh dan suara termasuk saran QuickType.

5. Khasiat Obat

Pengguna dapat memindai pil dengan cepat menggunakan kamera dengan iPhone XR/XS atau versi lebih baru. Cukup letakkan label obat di frame dan kamu akan melihat hasil berupa nama, kekuatan, dan bentuk obat.

6. Door detection

Fitur Door detection akan memungkinkan pengguna tunanetra untuk menemukan pintu saat bernavigasi. Fitur ini akan membaca simbol dan tanda di sekitar pintu. Namun, fitur ini akan terbatas pada iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

7. Mencari gambar di beberapa aplikasi

Dengan iOS 16, Spotlight menggunakan informasi dari gambar di Message, Notes, dan File untuk memungkinkan pencarian berdasarkan lokasi, orang, pemandangan, atau bahkan hal-hal dalam gambar seperti teks, hewan, dll.

8. Visial Lockup

Penyempurnaan Pencarian Visual: Angkat subjek dari gambar atau mengisolasi subjek dengan menghapus latar belakang. Fitur ini berfungsi di Foto, Tangkapan Layar, Tampilan Cepat, Safari, dll.

Selanjutnya Fitur iOS 16 yang Hanya Tersedia di iPhone 11 ke atas

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT