Selamat Tinggal iPhone Mini

ADVERTISEMENT

Selamat Tinggal iPhone Mini

Anggoro Suryo - detikInet
Minggu, 11 Sep 2022 06:15 WIB
iPhone 13
Keluarga iPhone 13. Foto: Apple
Jakarta -

Kabar dihilangkannya iPhone Mini sudah beredar sejak 2020, tak lama setelah iPhone 12 Mini dirilis, dan kini kabar itu menjadi nyata karena lini iPhone 14 tak lagi menyertakan varian mini, posisinya malah digantikan dengan iPhone 14 Plus yang layarnya lebih besar.

Sejak pertama dirilis, iPhone versi mini sebenarnya punya basis pengguna yang terlihat besar. Yaitu para pengguna ponsel yang tak nyaman menggunakan ponsel dengan layar besar.

Namun ternyata data penjualan berkata lain. Apple sejak awal disebut salah memperkirakan ketertarikan para penggunanya terhadap ponsel berlayar kecil, dan disebut terpaksa memotong jumlah produksi iPhone 12 Mini, karena penjualannya yang minim, dengan persentase satu digit dibanding penjualan iPhone seri lain.

Berdasarkan data perkiraan dari Statista, pengapalan ponsel dengan ukuran layar 5-5,5 inch hanya sekitar 13,5% selama 2022. Sementara itu, ponsel yang layarnya di atas 6 inch pengapalannya 40%.

Data Statista juga menunjukkan kalau selama beberapa tahun belakangan, pengapalan ponsel dengan layar kecil semakin berkurang, kalah pamor dengan ponsel berlayar besar.

Padahal iPhone 12 Mini (dan iPhone 13 Mini) di atas kertas sebenarnya menarik. Spesifikasinya sama dengan varian dengan layar lebih besar. Atau dengan kata lain, punya spesifikasi ala ponsel keluaran 2020an, namun dengan bodi semungil ponsel keluaran 2010an.

Lalu iPhone Mini pun bisa dibilang tak punya pesaing dari kubu Android. Tak ada ponsel dengan spesifikasi flagship yang layarnya di bawah 5,5 inch. Asus Zenfone 9 misalnya, layarnya 5,9 inch, begitu juga dengan Pixel 6A yang layarnya 6,1 inch.

Namun iPhone Mini ini punya satu kekurangan fatal, yaitu kapasitas baterai yang terlalu kecil. Sehingga sulit bagi ponsel tersebut untuk bisa bertahan selama seharian penuh dengan penggunaan yang cukup berat.

Dan kini, bagi anda yang menyukai ponsel dengan layar kecil, sejauh ini, tak ada pilihan selain iPhone 13 Mini. Ya, meski tak dibuat penerusnya, Apple masih tetap menjual ponsel ini. Mungkin sekadar menghabiskan stok ponsel yang sudah terlanjur diproduksi.

Selamat tinggal iPhone Mini...



Simak Video "Penampakan iPhone 14 dan 14 Plus yang Resmi Dirilis"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT