Ini yang Bikin Banyak Orang Hijrah ke HP Layar Lipat

Ini yang Bikin Banyak Orang Hijrah ke HP Layar Lipat

ADVERTISEMENT

Ini yang Bikin Banyak Orang Hijrah ke HP Layar Lipat

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 26 Agu 2022 21:31 WIB
Samsung Galaxy Z Fold 4
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Keberadaan HP layar lipat makin menjadi pilihan konsumen. Terbukti kian banyaknya masyarakat yang hijrah ke perangkat ini.

Lo Khing Seng, Head of MX Business Samsung Electronics Indonesia mengungkap data dari IDC soal pengiriman HP layar lipat secara global. Di 2021, sebanyak 7,1 juta unit HP layar lipat dikirim ke seluruh dunia.

Angka ini jauh dibandingkan catatan di tahun 2021. IDC mencatat angka pengapalan HP layar lipat hanya 1,9 juta.

"Ini artinya ada peningkatan 264,3%. IDC bahkan memprediksi di tahun 2025 akan ada pengiriman 27,6 juta unit HP layar lipat ke seluruh dunia," ujar Lo Khing Seng saat ditemui di Jakarta.

Kondisi serupa juga terjadi di Indonesia. HP layar lipat makin punya tempat di hati masyarakat Tanah Air.

Berdasarkan data dari perusahaan riset, perbandingan pasar HP lipat di 2019 dengan 2020 tercatat adanya peningkatan sebanyak 23 kali. Sedangkan perbandingan antara 2019 dengan 2021, peningkatannya sangat signifikan.

"Kenaikannya mencapai 127 kali. Jadi bisa dibayangkan betapa besarnya (pertumbuhan) pasar HP layar lipat," kata Khing.

Lo Khing Seng, Head of MX Business Samsung Electronics IndonesiaLo Khing Seng, Head of MX Business Samsung Electronics Indonesia Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Peningkatan ini tidak dipungkiri berkat makin terjangkaunya harga HP layar lipat yang dikeluarkan Samsung. Di 2021, raksasa teknologi asal Korea Selatan ini memberikan kejutan dengan membanderol Galaxy Z Flip 3 dengan harga Rp 14.999.000. Padahal Galaxy Z Flip generasi pertama harganya menyentuh Rp 21 juta.

Belum lagi soal durabilitasnya yang meningkat, seperti kita ketahui Samsung membuat Z Flip 3 tahan air dan memperkokoh engselnya. Semua itu meningkatkan kepercayaan konsumen pada smartphone foldable.

"Jadi kepercayaan masyarakat semakin tinggi, dan aksesibilitas pada harga karena kian ditekan makin memperluas konsumen membeli produk HP layar lipat," kata Khing.

Dan lantaran Galaxy Z Flip 4 membawa sejumlah peningkatan namun dijual dengan harga makin terjangkau dari sebelumnya bikin pihak Samsung optimis pertumbuhan pasar HP layar lipat bakal lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Apalagi tahun ini Samsung memboyong Galaxy Z Flip 4 edisi BeSpoke yang memberikan lebih banyak opsi warna. Salah satu yang spesial Merah Putih yang dihadirkan khusus untuk menyambut HUT RI.

"Hingga hari ini (26/8/2022) progres pre-order Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4 menjanjikan. Sudah melampaui target, berlipat dari sebelumnya," pungkas Khing.



Simak Video "Menggenggam Galaxy Z Fold 4"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT