50 Juta Pengguna Android Tergoda 'Murtad' Cicipi iOS 16

50 Juta Pengguna Android Tergoda 'Murtad' Cicipi iOS 16

ADVERTISEMENT

50 Juta Pengguna Android Tergoda 'Murtad' Cicipi iOS 16

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 22 Agu 2022 22:12 WIB
iOS 16
50 Juta Pengguna Android Tergiur Cicipi iOS 16 Foto: Apple
Jakarta -

Android 13 sebentar lagi akan dirilis oleh Google, dan beberapa vendor ponsel juga sudah memulai program betanya. Tapi puluhan juta pengguna Android justru berbondong-bondong mencicipi iOS 16. Lho kok?

Jutaan pengguna Android ini bisa menjajal iOS 16 berkat aplikasi bernama 'Launcher iOS 16'. Aplikasi launcher yang sudah diunduh lebih dari 50 juta kali itu menawarkan desain home screen dan fitur lainnya ala iOS 16 yang akan hadir di iPhone.

Aplikasi launcher ini sebenarnya sudah lama beredar di Google Play Store. Tiap tahunnya, pengembang launcher ini selalu memperbarui tampilannya mengikuti iOS yang baru diluncurkan, mulai dari iOS 13 sampai iOS 16.

Meski sudah lama beredar dan memiliki puluhan juta pengguna, aplikasi ini jadi makin dikenal setelah menjadi bahan perbincangan di Twitter. Selain Launcher iOS 16, ternyata ada banyak aplikasi launcher lain di Google Play Store yang menawarkan desain ala iOS, beberapa di antaranya juga sudah diunduh hingga jutaan kali.



Launcher iOS 16 meniru tampilan khas iOS seperti Home Screen, dock, menu Force Touch di aplikasi, 'jiggle mode', App Library, widgets ala iOS, dan lain-lain. Aplikasi ini juga menggantikan ikon aplikasi Messages, Notes, dan Camera dengan ikon ala iOS.

Karena merupakan aplikasi Android, launcher ini juga menyediakan kustomisasi yang bahkan tidak tersedia untuk pengguna iPhone, misalnya dengan kustomisasi kategori aplikasi di App Library, mengubah animasi home screen, mengubah nama aplikasi, dan lain-lain, seperti dikutip dari MacRumors, Senin (22/8/2022).

iOS 16 sendiri pertama kali dikenalkan oleh Apple pada gelaran WWDC pada Juni lalu. Salah satu perubahan terbesar yang dibawa sistem operasi ini adalah Lock Screen yang bisa dikustomisasi.

Kabar soal Lock Screen baru di iOS 16 mungkin mendorong banyak pengguna Android untuk mengunduh aplikasi Launcher iOS 16. Sayangnya, aplikasi tersebut belum mendukung Lock Screen baru yang ada di iOS 16.



Simak Video "Mengulik Sejumlah Fitur Tersembunyi dari iOS 16"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT