Wajib Banget Update iOS 15.6.1, Ini Penyebabnya

ADVERTISEMENT

Wajib Banget Update iOS 15.6.1, Ini Penyebabnya

Anggoro Suryo - detikInet
Jumat, 19 Agu 2022 16:15 WIB
Jakarta -

Apple kembali merilis pembaruan "kecil" untuk iOS, iPadOS dan macOS, yaitu iOS 15.6.1 dan macOS 12.5.1. Meski kecil, pembaruan ini ternyata sangat penting.

Dalam pembaruan ini, Apple menambal sejumlah celah keamanan yang tersimpan di level kernel OS dan juga WebKit. Sebelum ditambal, dengan celah ini dedemit maya bisa menyusupkan dan menjalankan kode malware ke dalam perangkat.

Apple pun menjelaskan dalam catatan di pembaruan tersebut kalau celah yang baru ditambal ini kemungkinan sudah sering dimanfaatkan oleh para hacker, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (19/8/2022).

Sejak iOS 15 dirilis, Apple sudah memberikan 13 kali pembaruan, dan sembilan di antaranya adalah pembaruan untuk menambal celah keamanan. Dan beberapa dari celah tersebut membuat hacker bisa menyusup ke level kernel sistem operasi, alias sangat dalam atau bisa dibilang inti dari sistem operasi.

Lalu parahnya lagi, ada lima pembaruan di mana Apple memberikan peringatan kalau celah tersebut mungkin sudah dieksploitasi oleh hacker. Karena itulah, meski mungkin anda terkadang malas untuk memperbarui OS, percayalah, ini adalah hal yang sangat penting.

Oh ya, iOS 15.6.1 ini ukurannya kecil, kok. Hanya 200an MB, dan cara memperbaruinya pun mudah.

Begini cara memperbarui iOS 15.6.1:

  • Di iOS
    Buka Setting - General - Software Update
  • Di Mac
    Buka System Preferences - Software Update

Sebenarnya, di iOS dan iPadOS 16 serta macOS Ventura, Apple menambahkan fitur bernama Rapid Security Response. Lewat fitur ini Apple bisa memperbarui keamanan perangkat tanpa memerlukan restart. Namun untuk pembaruan yang besar untuk level kernel, perangkat tetap perlu di-restart.

(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT