Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4 Resmi Dirilis

ADVERTISEMENT

Laporan dari New York

Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4 Resmi Dirilis

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 10 Agu 2022 20:00 WIB
New York -

Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 akhirnya resmi dirilis. Kedua ponsel layar lipat ini diluncurkan dalam perhelatan Galaxy Unpacked yang digelar pada Rabu malam (10/8/2022).

Tampilannya memang mirip pendahulunya. Namun sejatinya ada perbedaan yang diberikan Samsung pada Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4.

Ini dapat dirasakan ketika menggenggam kedua ponsel tersebut. Tak hanya itu, raksasa teknologi asal Korea Selatan ini turut memberikan peningkatan pada spesifikasi Fold 4 dan Flip 4 yang bikin performa makin ngebut namun tetap irit daya.

"Jika dibandingkan generasi sebelumnya, peningkatannya 60-70%. Jadi lebih cepat dan konsumsi daya lebih ekonomis," kata Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

Samsung Galaxy Z Fold 4

Galaxy Z Fold 4 masih mengusung layar utama berukuran 7,6 inch. Namun Samsung membuatnya lebih lebar 3 mm dari Galaxy Z Fold 3, sementara panjangnya di pangkas 3,1 mm.

Ponsel ini menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X dan resolusi 2.176 x 1.1812 pixel. Layar ini punya refresh rate adaptive 1-120 Hz, tingkat kecerahan maksimum 1.000 nit dan mendukung S Pen.

Samsung Galaxy Z Fold 4Layar bagian dalam Samsung Galaxy Z Fold 4 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Layar covernya berukuran 6,2 inch dengan panel Dynamic AMOLED 2X dengan refresh rate adaptive 48~120Hz. Untuk memberikan kenyamanan pengetikan dan penggunaan, Samsung mengubah rasio layar dari sebelumnya 24,4:9 menjadi 23,1:9.

"Bobot Galaxy Fold 4 kini lebih ringan. Beratnya kini 263 gram, bikin nyaman saat digenggam dalam waktu lama," ujar Verry.

Samsung memodali Galaxy Z Fold 4 dengan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang dipadukan dengan RAM LPDDR5 12 GB. Ada tiga pilihan ruang penyimpanan, yakni 256 GB, 512 GB dan 1 TB.

Tiga kamera masih menghiasi bagian belakang ponsel layar lipat ini, tapi komposisinya jauh lebih menarik dari sebelumnya. Sebab Samsung menyematkan kamera utama 50 MP yang dibekali OIS Dual Pixel sehingga diklaim handal memotret dan merekam video stabil saat malam.

Samsung Galaxy Z Fold 4Samsung Galaxy Z Fold 4 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Ada pula kamera ultra wide 12 MP serta kamera tele 10 MP yang mampu melakukan 3x zoom optic dan 30x zoom digital. Untuk selfie dan video call diberikan kamera 10 MP di cover dan 4 MP di layar utama.

Kamera selfie di layar depan ditempatkan di bawah layar. Samsung mengaku telah meningkatkan kemampuannya sehingga kualitas foto jauh lebih jelas dari sebelumnya.

Galaxy Z Fold 4 membawa baterai 4.400 mAh dengan pengisian cepat 25W. Samsung memberikan kemampuan wireless charging dan reverse wireless charging.

Ponsel ini telah mengantongi IPX8 yang artinya tahan air dan debu. Samsung turut melapisi bodi dan layar bagian depan dengan kaca Gorilla Glass Victus+, sementara rangkanya menggunakan material Amor Aluminium.

Galaxy Z Fold 4 tersedia dalam balutan warna Phantom Black, Gray Green dan Beige. Namun Samsung akan hadirkan warna Burgundy Red, varian ini dikhususkan untuk pembelian secara online.

Samsung Galaxy Z Fold 4Samsung Galaxy Z Fold 4 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Samsung Galaxy Z Flip 4

Samsung Galaxy Z Flip 4 memberikan bezel tipis guna memberikan kesan immersive. Ukurannya 6,7 inch dengan panel Dynamic AMOLED 2X, resolusi 2.640 x 1.080 pixel dan adaptive 1~120Hz.

Layar bagian depan 1,9 inch berpanel Super AMOLED dengan refresh rate 60Hz. Samsung meningkatkan pengalaman pada layar bagian depan. Pengguna tidak hanya bisa kustomisasi tampilan. lewat layar depan ini kini dimudahkan untuk pengambilan foto portrait dan membuat vlog.

Samsung meningkatkan kamera Galaxy Z Flip 4. Kendati ukuran kamera ganda di bagian luarnya masih 12 MP hasilnya dijanjikan piawai memotret malam dan membuat video stabil. Kamera bagian dalam berukuran 10 MP.

"Kami meningkatkan ukuran sensor kamera utama bagian luar dari 1,4 mikron menjadi 1,8 mikron. Dampaknya membuat hasil low light dan pengambilan cahayanya lebih luar biasa," ujar Verry.

Samsung Galaxy Z Fold 4Samsung Galaxy Z Fold 4 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Samsung memberikan opsi penggunaan kamera Galaxy Z Flip 4, salah satu yang menarik FlexCam. Ini mode pengambilan video seperti merekam dengan handycam.

Guna menjawab kebutuhan anak muda yang serba eksis di media sosial, Samsung memaksimalkan fitur hand-free recording untuk kemudahan membuat konten video pendek.

Seperti saudaranya, Galaxy Z Flip 4 disokong chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang dipadankan dengan RAM LPDDR5 8 GB. Ada pilihan penyimpanan 128 GB, 256 GB dan 512 GB.

Baterai berkapasitas 3.700 mAh dipasang di bagian dalam dengan dukungan pengisian cepat 25W. Ponsel ini juga dibuat dengan ketahanan air dan debu, sementara bodinya terlindungi kaca Gorilla Glass Victus+ dan rangka Amor Aluminum.

Samsung Galaxy Z Fold 4Samsung Galaxy Z Fold 4 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Samsung menyuguhkan Galaxy Z Flip 4 dalam pilihan warna Essential Graphite, Genderless Pink Gold, Bora Purple dan Contemporary Blue. Jika ingin lebih spesial, ada opsi Bespoke Edition.

Di pasar global ada 75 kombinasi warna yang tersedia. Di Indonesia, Samsung hanya memboyong 5 kombinasi warna.

@detikinet Perhelatan Galaxy Unpacked baru saja digelar pada 10 Agustus 2022 di New York, Amerika Serikat. Sederet perangkat baru Samsung pun meluncur pada acara ini termasuk Samsung Galaxy Z Filp 4. #detikinet #samsung #galaxyzflip4 #samsungunpacked2022 #samsunggalaxyzflip4 #zflip4 ♬ original sound - Lofi_lyrics
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT