Sama-sama Jago Night Portrait, Ini Bedanya Duo Oppo Reno8

ADVERTISEMENT

Sama-sama Jago Night Portrait, Ini Bedanya Duo Oppo Reno8

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 03 Agu 2022 18:45 WIB
Oppo Reno8 series
Sama-sama Jagokan Night Portrait, Apa Perbedaan Duo Oppo Reno8? Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Jakarta -

Oppo Reno8 5G dan Reno8 Pro 5G akan hadir membawa night portrait dan low-light video sebagai fitur unggulannya. Tapi apa perbedaan keduanya?

Dalam acara Reno8 1st Impression Design and Night Portrait Feature, PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto tidak mengungkap spesifikasi kamera masing-masing varian Reno8 series. Tapi ia memberikan sedikit sneak peek tentang fitur kamera unggulannya.

Satu fitur utama yang membedakan Reno8 5G dan Reno8 Pro 5G tentu saja kehadiran chip MariSiliconX. Ini adalah chip neural processing unit (NPU) khusus untuk imaging yang diciptakan Oppo untuk meningkatkan kualitas foto dan video di kondisi minim cahaya.

"MariSilicon X bisa melakukan pengurangan noise pada video 4K 30 fps dan juga peningkatan efisiensi daya 11,16 kali dibandingkan perangkat Reno7 Pro 5G. Pemrosesan itu dilakukan secara real time dan dalam bentuk lossless di format RAW," jelas Aryo di Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Aryo mengatakan Reno8 5G dan Reno8 Pro 5G sebenarnya memiliki tiga fitur kamera unggulan yang sama, yaitu Ultra Night Video, Ultra HDR Video, dan Night Portrait. Bedanya, Reno8 Pro 5G mendukung fitur Ultra Night Video dan Ultra HDR Video hingga kualitas 4K.

"Fitur-fiturnya pasti ada Ultra Night Video tapi dalam 4K kita melakukan kolaborasi antara MariSilicon X dengan system-on-a-chip (SoC) untuk menghasilkan video 4K yang ultra jernih di kamera belakang Oppo Reno8 Pro 5G," ucap Aryo.

"Dalam mode 4K Ultra Clear, kejernihan gambar empat kali lebih tinggi dari video 1080p dan ada algoritma HDR fusion dan AI noise reduction yang membantu meningkatkan dynamic range atau rentang dinamis video malam yang direkam Reno8 Pro 5G sebesar 42,9%," sambungnya.

Meski tidak mendapatkan dukungan 4K, fitur Ultra Night Video di Reno8 5G tetap membawa keunggulannya tersendiri. Fitur ini tersedia untuk kamera depan dan belakang di Reno8 5G dan sudah aktif secara default.

Sementara itu, fitur Ultra HDR Video dirancang untuk menyeimbangkan video yang diambil di kondisi pencahayaan tidak merata, misalnya terlalu gelap atau terlalu terang.

Terakhir Night Portrait merupakan fitur untuk mengambil foto portrait yang lebih jernih di malam hari. Baik di Reno8 5G maupun Reno8 Pro 5G, fitur ini sama-sama mengandalkan teknologi Turbo RAW.

"Teknologinya sama menggunakan Turbo RAW di mana kita bisa melakukan pengurangan noise pada tiap-tiap bagian dari warna red, green, atau blue secara paralel di domain," pungkas Aryo.

[Gambas:Youtube]



(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT