Mesin Cuci LG Dibekali AI, Bisa Deteksi Bahan dan Takaran Deterjen

ADVERTISEMENT

Mesin Cuci LG Dibekali AI, Bisa Deteksi Bahan dan Takaran Deterjen

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 08 Jul 2022 10:45 WIB
Mesin Cuci LG
Foto: LG Indonesia
Jakarta -

LG menyematkan teknologi kecerdasan buatan atau AI pada perangkat mesin cucinya. Membuatnya bisa mengenali berat muatan hingga jenis bahan pakaian.

Perangkat yang dimaksud bernama LG AI DD dengan ezDispense. Sekilas bentuknya tak ubahnya sebuah wadah menaruh dispenser yang terbagi dua. Namun demikian, tak sesederhana itu fungsinya.

"Berkolaborasi dengan teknologi AI DD, ezDispense dirancang mampu menentukan takaran tepat jumlah deterjen yang dibutuhkan untuk setiap kali pencucian," ujar Rumbi Simanjuntak, Head of Product Marketing Home Appliance PT LG Electronics Indonesia.

Selain melepaskan pengguna dari kerepotan menentukan takaran deterjen yang tepat, menurutnya lagi, keberadaan ezDispense menghindarkan pengguna dari kewajiban mengisi deterjen setiap kali akan melakukan pencucian.

Wadah pintar deterjen ini dirancang memiliki kapasitas tampung hingga 35 kali pencucian untuk detergen cair. Apalagi, ezDispense terhubung dengan sensor pada mesin cuci yang memberikan sinyal pada pengguna saat jumlah deterjen pada titik minimal sebagai tanda diperlukannya pengisian ulang.

Bilapun pengguna memiliki kebutuhan untuk menggunakan pelembut (softener) saat pencucian, wadah yang terbagi dua ini dapat dimanfaatkan secara manual untuk bergantian antara deterjen dan softener. Sementara soal pembersihan wadah ini pun tak susah. Cukup dengan menekan tombol Dispenser Clean pada penampang depan mesin cuci ini, akan memerintahkannya untuk membersihkan ezDispense dengan aliran air selama tujuh menit.

Selain kemudahannya, keberadaan ezDispenseini juga memberikan penghematan signifikan bagi penggunaan deterjen. Dalam penelitian yang dilakukan LG didapatkan hasil, ezDispensedapat memberikan penghematan 3,350 mili liter deterjen untuk setiap 100 kali pencucian. "Penghematan dari jumlah deterjen yang tanpa sadar terbuang selama ini. Tanpa sadar pula,keberadaan ezDispense ini memberi peluang lebih bagi pengguna untuk berperilaku lebih ramah lingkungan," ujar Rumbi Simanjuntak.

Mesin Cuci LGMesin Cuci LG Foto: LG Indonesia

Mengenai performa pembersihan pakaian dari berbagai noda dijanjikan bukan masalah besar bagi mesin cuci FV1413H2BA ini. Keberadaan TurboWash 360 yang menjadi kolaborasi kerja empat aliran deras air dari bagian atas dan pergerakan tabung cuci yang terinspirasi dari gerakan mencuci dengan tangan, membuat deterjen dapat merasuk hingga ke serat halus pakaian untuk melepaskan berbagai noda yang melekat. Tak hanya itu, teknologi buatan LG ini membuat proses pembersihan ini hanya membutuhkan waktu 39 menit.

Sementara soal higienitas pun menjadi perhatian LG dalam pengembangan mesin cuci LG AI DD dengan ezDispense ini diwujudkan dengan keberadaan fitur Steam+. Merupakan pengembangan dari teknologi pembersihan dengan uap air dari LG sebelumnya, Steam+ dirancang memiliki kemampuan mencapai suhu 75 derajat Celcius dan mempertahankannya selama beberapa waktu sepanjang pembersihan.

"Proses ini dipercaya memberikan kemampuan untuk melepaskan berbagai zat penyebab alergi bagi penggunanya," ujar Rumbi Simanjuntak lagi.

Penggunaan fitur Steam+ ini juga dirancang untuk dapat mengurangi kerutan pakaian. Saat pengguna masih membutuhkan pakaian yang sama untuk aktivitas lainnya, selain penyegaran, memanfaatkan Steam+ dapat mengurangi kerutan sebelumnya yang timbul sepanjang penggunaan.

Perkara upaya perlindungan dari zat berbahaya bagi kesehatan pengguna, tak berhenti hingga disana. Keseriusan LG bahkan ditunjukkan dengan menerapkan 100% stainless steel bagi keseluruhan bagian tabung hingga lifter di dalamnya.

Hasil uji dari Intertek, lembaga uji internasional, menyatakan terapan 100% material stainless steel pada tabung mesin cuci ini mampu mencegah tumbuh dan melekatnya bakteri dengan tingkat keefektifan hingga 99% dibanding bahan plastik dan campuran.

"Pengembangan berbasis kecerdasan buatan dalam mesin cuci LG AI DD dengan ezDispense terbaru ini ditambah dengan perhatiannya pada higienitas pengguna, menjadikan mesin cuci ini siap menjadi bagian keluarga yang dapat diandalkan," klaim Rumbi.

LG AI DD dengan ezDispense memiliki tabung berkapasitas 13 kilogram untuk pencucian dan 8kg untuk pengeringan, membuatnya memiliki fleksibilitas lebih untuk menangani jumlah cucian besar dalam satu kali pencucian.

Mesin cuci ini sudah siap dipinang lewat toko elektronik maupun jaringan penjualan daring terkemuka di Indonesia. Mengenai kisaran harganya, mesin cuci LG AI DD dengan ezDispense dilempar ke pasaran dengan harga kisaran mulai dari Rp 13 juta.



Simak Video "China Bakal Bangun Bendungan Menggunakan Printer 3D"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT