RAM 4GB di iPhone 13 dan RAM 18GB di HP Android, Mana yang Lebih Baik?

ADVERTISEMENT

RAM 4GB di iPhone 13 dan RAM 18GB di HP Android, Mana yang Lebih Baik?

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 25 Jun 2022 21:05 WIB
Galaxy S22 Ultra vs iPhone 13 Pro
Ilustrasi. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

iPhone 13 yang harganya belasan juta rupiah hanya dibekali RAM 4GB, sementara HP Android flagship ada yang sampai 18 GB. Bahkan dengan fitur ekspansi RAM bisa mencapai 20 GB, melebihi laptop yang ada di pasaran saat ini.

Timbul pertanyaan mengapa RAM 4GB masih cukup untuk sebuah iPhone sementara kapasitas yang sama kurang memadai untuk sebuah HP Android?

Mengutip dari laman Gizchina, pertama-tama, kita harus memahami fungsi RAM pada HP. Ini adalah penyimpanan sementara data operasi prosesor.

Dengan demikian, pengguna dapat memperoleh informasi ini kapan pun mereka mau. Misalnya, jika aplikasi yang berjalan di HP diibaratkan seperti tes matematika, maka RAM seperti secarik kertas untuk menuliskan langkah-langkah perhitungan. Sementara prosesor bertanggung jawab untuk perhitungan dengan menyiapkan formulanya.

Artinya, ketika luas kertas gores tidak mencukupi, efisiensi perhitungan akan menurun. Hal ini jelas pada akhirnya akan mempengaruhi kecepatan menjawab pertanyaan.

Dari contoh di atas, kita dapat dengan mudah menyimpulkan bahwa iPhone tidak membutuhkan banyak RAM karena algoritma iOS lebih sederhana dan efisien, serta tidak membutuhkan terlalu banyak kertas gores.

Di sisi lain, ia memiliki penghapus, sehingga area yang digunakan dapat dibersihkan tepat waktu. Tentu saja, ini hanya kesimpulan logis dasar berdasarkan fakta. Kita perlu masuk lebih dalam soal perbedaan iOS dan Android.

Selanjutnya perbedaan iOS dan Android



Simak Video "iPhone Kuasai Pasar Ponsel Premium Dunia"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT