Diracik Bareng Hasselblad, Ini Hebatnya Kamera OPPO Find X5 Pro 5G

Diracik Bareng Hasselblad, Ini Hebatnya Kamera OPPO Find X5 Pro 5G

Yudistira Perdana Imandiar - detikInet
Rabu, 22 Jun 2022 17:12 WIB
OPPO Find X5 Pro 5G
Foto: OPPO
Jakarta -

OPPO Find X5 Pro 5G menjadi suksesor terbaru HP flagship OPPO. Ada sejumlah teknologi yang mencuri perhatian di smartphone tersebut, salah satunya penggunaan kamera hasil kolaborasi dengan produsen kamera kenamaan, Hasselblad.

Aura kemewahan OPPO Find X5 Pro 5G tercermin dari garis desainnya. Ponsel ini mengusung desain unibody dengan modul kamera yang dibuat menyatu dengan panel bagian belakangnya. Modul kamera tersebut berbentuk kotak yang asimetris, cenderung trapesium.

Bentuk modul kamera itu membuat tampilan Find X5 Pro 5G begitu otentik. Sebab, saat ini produsen ponsel masih terpaku pada modul kamera kotak, persegi panjang, dan bulat.

Konstruksi layarnya juga bikin smartphone flagship ini nampak glamor. Layar dengan panel AMOLED berukuran 6,7 inch dan resolusi 3216 x 1440 pixel (QHD+) dan kemampuan menampilkan 1 miliar warna itu punya bezel yang sangat tipis, dan dibuat sedikit melengkung di sudut kanan dan kirinya. Bentuk layarnya itu menjadi signature khas HP flagship.

Kamera Mumpuni Racikan Hasselblad

Mengenai komposisi kameranya, OPPO Find X5 Pro 5G 3 kamera belakang untuk Find X5 Pro 5G dengan konfigurasi kamera utama (wide) 50 MP f/1.7, kamera Ultra-wide 50MP f/2.2, dan lensa telephoto 13 MP f/2.4 dengan 2X optical zoom. Kedua kamera utamanya juga sudah memakai sensor Sony IMX766. Di bagian depan, terdapat kamera selfie dengan resolusi 32 MP sensor Sony IMX709.

Untuk mendapatkan kualitas kamera yang paripurna, OPPO bekerja sama dengan Hasselblad meracik chipset khusus Bernama Marisilicon X sebagai neural processing unit (NPU). Chipset itu mampu memproses gambar foto maupun video dengan baik, dan diklaim dapat mengoptimalkan pengambilan video minim noise dalam kondisi kurang cahaya.

Dengan komposisi hardware dan NPU yang dimiliki, kamera OPPO Find X5 Pro mampu menghasilkan gambar yang dapat disandingkan dengan kamera profesional. Baik dalam hal produksi foto maupun video.

OPPO Find X5 Pro 5GOPPO Find X5 Pro 5G (Foto: OPPO)

Dari kolaborasi dengan Hasselblad itu pula, lahir fitur-fitur baru di kamera Find X5 Pro 5G, seperti Natural Color Calibration yang tersedia di mode pro untuk membuat foto tampak sangat natural. Pengguna dapat membuat konten foto dan video yang lebih variatif memanfaatkan ragam fitur kamera tersebut.

Kameranya juga menggunakan sistem 5-axis stabilization yang memungkinkan untuk menangkap foto dan video jauh lebih stabil.

Ditenagai Chipset High Performance

Kebolehan kamera dan performa unggul lainnya dari OPPO Find X5 Pro 5G tak terlepas dari kemampuan System-on-Chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Find X5 Pro 5G juga memakai GPU Qualcomm yang dirilis 2022, sehingga mampu menggenjot performa hingga 30%, efisiensi daya hingga 25% dan kemampuan AI yang lebih mumpuni.

Chipset berperforma tinggi itu ditunjang RAM 12GB yang bisa ditambahkan 7GB dari virtual RAM dan penyimpanan internal 256GB. Perangkat ini juga telah dilengkapi jaringan 5G yang mampu meningkatkan pengalaman saat pengguna menonton film hingga bermain game online. Sebab, jaringannya bakal makin lancar dan anti lelet.

Untuk membuat HP flagship OPPO ini makin produktif, tertanam baterai berkapasitas 5.000 mAh yang dilengkapi inovasi charging super cepat 80W SUPERVOOC. Teknologi ini mampu mengisi daya OPPO Find X5 Pro 5G dari 0-50 persen hanya dalam waktu 12 menit.

OPPO Find X5 Pro 5G hadir dengan dua pilihan warna, yakni ceramic white dan glaze black. Smartphone flagship ini dibanderol Rp 14,999 juta.



Simak Video "Mengulik Kamera OPPO Find X5 Pro 5G Seperti Kamera Profesional!"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/fay)