Tukar "Kartu SIM" di iOS 16 Bisa Lewat Bluetooth

Tukar "Kartu SIM" di iOS 16 Bisa Lewat Bluetooth

ADVERTISEMENT

Tukar "Kartu SIM" di iOS 16 Bisa Lewat Bluetooth

Anggoro Suryo - detikInet
Sabtu, 11 Jun 2022 13:30 WIB
iOS 16
Tampilan lockscreen iOS 16. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Apple menambahkan fitur baru untuk mempermudah pengguna iPhone yang akan memindahkan "kartu SIM" ke iPhone yang baru, yaitu lewat Bluetooth. Kok bisa?

Kartu SIM yang dimaksud di sini tentu adalah eSIM, bukan kartu SIM fisik. Nah, di iPhone yang menjalankan iOS 16, memindahkan eSIM ke iPhone lain ini bisa dilakukan lewat Bluetooth, tanpa harus memindai QR code seperti biasanya.

Namun, menurut MacRumors, perpindahan eSIM lewat Bluetooth ini hanya bisa dilakukan jika operator yang dipakai mendukungnya. Pasalnya, tiap operator menerapkan cara instalasi eSIM yang berbeda.

Ada operator yang membolehkan pengguna memakai QR code utnuk memasang eSIM, namun ada juga yang harus menghubungi operator untuk mendapat eSIM baru, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (11/6/2022).

Sejauh ini di Indonesia baru ada Smartfren yang menyediakan kartu SIM dalam bentuk eSIM, dan cara instalasinya dilakukan lewat memindai QR code yang ada pada kemasan atau dikirimkan lewat email.



Hanya saja, perlu diingat saat ini iOS 16 masih dalam masa developer beta. Jadi mungkin masih akan terjadi perubahan pada fitur-fiturnya. Tak diketahui juga berapa banyak operator yang mendukung fitur ini, sampai iOS 16 diluncurkan secara penuh beberapa bulan mendatang.

Beberapa fitur kunci yang ada di iOS 16 antara lain adalah tampilan lock screen yang bisa dikustomisasi dengan widget, perubahan notifikasi pada lock screen, pesan iMessage yang bisa diedit, iCloud shared photo library dan lain sebagainya.

Ada banyak fitur baru yang diberikan Apple pada iOS 16. Sayangnya tidak semua perangkat kebagian update sistem operasi ini, minimal iPhone 8.

Kondisi ini berbeda dari iOS 15. Kala sistem operasi ini dirilis 2021 silam, semua iPhone yang menjalankan iOS 14 bisa melakukan upgrade.

Saat ini ada beberapa perangkat yang sebelumnya mendapatkan iOS 15 tidak dapat memperbarui ke iOS 16, dan perangkat paling jadul yang bisa diperbarui ke iOS 16 adalah iPhone 8. Apple tidak menjelaskan kenapa iPhone tersebut tidak mendapatkan pembaruan tersebut.



Simak Video "Daftar iPhone yang Tidak Kebagian Update iOS 16"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT