Harga Sama, Mending iPhone SE 2022 atau iPhone 11?

Harga Sama, Mending iPhone SE 2022 atau iPhone 11?

Anggoro Suryo - detikInet
Sabtu, 11 Jun 2022 10:33 WIB
iPhone SE 2022
iPhone SE 2022. Foto: Sina Mobile
Jakarta -

iPhone SE 2022 sudah dijual resmi di Indonesia dengan harga mulai Rp 8 juta. Harganya itu sama dengan iPhone 11 varian termurah. Mending mana?

Sebenarnya kedua ponsel ini berasal dari dua kelas yang berbeda. iPhone SE adalah ponsel murahnya Apple, sementara iPhone 11 berasal dari kelas flagship, namun varian paling murah. Dan perlu diingat, iPhone 11 sudah "berumur" hampir tiga tahun, sementara iPhone SE adalah ponsel keluaran 2022.

Keduanya adalah ponsel yang sangat berbeda. iPhone SE 2022 mendukung jaringan 5G dan memakai system on a chip (SoC) terbaru Apple, A15 Bionic. Sementara iPhone 11 hanya mendukung 4G dan menggunakan SoC A13 Bionic yang lebih jadul.

Namun dari sisi tampilan, iPhone 11 jauh lebih modern. Mengandalkan Face ID sebagai keamanan biometrik, layar lebih besar dengan bezel lebih tipis. Sebaliknya, iPhone SE 2022 tampilannya jadul. Masih mengandalkan Touch ID, layar lebih kecil dan bezel tebal di bagian atas dan bawah.

iPhone SE 2022 mungkin akan jadi pilihan tepat untuk pengguna yang mencari ponsel dengan dimensi kecil dan lebih nyaman digenggam. Harga yang miring dengan performa yang seharusnya sama dengan seri iPhone 13 juga harusnya menjadi daya tarik tersendiri.

Oh ya, beberapa fitur yang bergantung pada A15 Bionic juga tersedia di iPhone SE. Misalnya, Smart HDR 4, Photographic Styles, sampai Deep Fusion yang diklaim menggunakan pengolahan foto per pixel yang menghasilkan foto lebih tajam, tekstur lebih baik, dan lain sebagainya.

Pembaruan ini membuat iPhone SE seharusnya menghasilkan foto lebih baik ketimbang iPhone 11. Namun di sisi lain, iPhone 11 punya dua kamera, dan salah satunya kamera ultrawide dan juga mendukung Night Mode yang tak ada di iPhone SE 2022.

Lalu keunggulan (dan juga kekurangan) iPhone 11 ada pada sisi layar. Meski punya kepadatan pixel dan jenis panel yang sama dengan iPhone SE 2022, ukuran layar iPhone 11 jauh lebih besar yang membuatnya lebih enak dipakai menonton. Namun di sisi lain, ukuran bodinya pun menjadi jauh lebih besar.

Jadi kesimpulannya, mana yang lebih baik? Keduanya punya keunggulan dan kelemahan. iPhone SE 2022 mungkin lebih cocok untuk pengguna yang mencari ponsel jangka panjang karena memakai SoC A15 Bionic yang lebih baru dan mendukung jaringan 5G.

Sementara iPhone 11 sudah tertinggal dua generasi dan tak mendukung 5G. Mungkin untuk saat ini, A13 Bionic masih lebih dari cukup untuk keperluan sehari-hari, bahkan untuk bermain game. Namun untuk beberapa tahun ke depan, mungkin performanya akan ngos-ngosan untuk penggunaan berat.

Kalau detikers lebih pilih mana, iPhone SE 2022 atau iPhone 11?



Simak Video "Spesifikasi dan Harga iPhone SE 2022 di Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/agt)